Apresiasi CSR KOTRA untuk 8 Perusahaan Korea

IMG_4433

Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) dan Kedutaan Korea di  Indonesia, untuk kelima kalinya menganugerahi penghargaan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada 8 perusahan Korea yang beroperasi atau menjalankan usaha di Indonesia.

Apresiasi dengan aktivitas CSR terbaik dibagi dalam beberapa kategori yaitu pengembangan industri dan unggulan daerah, penciptaan CSR, dan peningkatan tetangga yang baik dan persahabatan. Standar penilaian menggunakan tolok ukur internasional ISO 26000, dan melalui evaluasi dari panitia penilai yang berasal dari negara Korea dan Indonesia.

Kedelapan perusahaan itu adalah LG International Coorperation, CJ Indonesia, PT Lotte Mart Indonesia, PT Samsung Electronics Indonesia, PT Samick Indonesia, PT Osstem Implant, PT Tunas Sawerma, dan PT Krakatau Posco.

Kegiatan CSR yang dilakukan LG International Coorperation antara lain perbaikan jembatan di daerah Kutai, Kalimantan Timur. Kemudian, sumbangan dana untuk kemandirian ekonomi di Kalimantan Barat dan dukungan sumbangan pupuk untuk pertanian di darrah tambang ynbg berlokasi di daerah Sulawesi.

CJ Indonesia mendukung pedidikan Indonesia dengan menberikan pelatihan pembuatan film beserta perlengkapannya untuk murid-murid SMA di Jakarta dan Bandung. Selain itu, CJ Indonesia membangun jembatan dan sub-stasiun transformer di daerah Jombang, Jawa Timur.

PT Lotte Mart Indonesia menyumbangkan 13 unit ambulans ke rumah sakit di Jakarta dan memberikan sumbangan berupa uang dan barang untuk penanggulangan banjir di Jakarta. PT Samsung Electronics Indonesua menyediakan prasarana air bersih di Jawa Timur dan Kalimantan Timur. PT Samick Indonesia mendirikan sekolah kejuran di bidang sini kerajinan kayu, patisserie, penyetelan piano dan tata busana di Jakarta.

PT Osstem Impant memberikan pelatihan tehnik impalnt kepada dokter gigi Indonesia. PT Tunas Sawaerma membangun sarana pasar berupa toko yang disewakan secara gratis kepada penduduk desa dan petani. Selain itu, PT Tunas Sawaerma memberikan dukungan bahan pokok dan obat-obatan kepada penduduk Jakarta dan sekitarnya. Perbaikan masjid yang berlokasi di kawasan PT Krakatau Posco di daerah Cilegon serta dukungan bahan kebutuhan pokok dan pelayanan medis kepada penduduk Cilegon merupakan kegiatan CSR utama yang dilakukan oleh PT Krakatau Posco.

“CSR adalah sebuah mega trend yang tidak dapat dihindari karena ini merupakan salah satu langkah strategis guna menemukan model bisnis berdaya cipta yang baru di luar metode manajemen tradisional. Saya sangat senang dan bangga melihat berbagai macam perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia memiliki komitmen dan inisiatif luar biasa dalam menyelenggarakan beragam kegiatan sosial terbaik.

"KOTRA berharap agar ajang ini menjadi sebuah contoh layak bagi perusahaan lain untuk turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan selayaknya untuk mengatasi isu sosial yang tengah dirasakan oleh penduduk Indonesia,” kata Kim Jae Hong, Presiden Direktur KOTRA.

Pada kesempatan yang sama, seremoni penandatanganan kerja sama strategis proyek OVOP (One Village One Product) dilakukan oleh KOTRA, Kedutaan Korea di Indonesia, dan Kementerian Koperasi dan KUKM. OVOP merupakan sebuah langkah positif bagi hubungan bilateral Korea dan Indonesia. Hal ini merupakan sebuah langkah nyata sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Bersama Korea- Indonesia pada tahun 2013.

OVOP merupakan sebuah kegiatan khusus yang telah dicanangkan sehingga perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia, pemerintah Korea, dan pemerintah Indonesia dapat gotong royong mengembangkan potensi komoditi unggulan di tiap daerah secara sistematis, terstruktur, dan terorganisir.

KOTRA telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi & UKM guna mendukung OVOP pada acara pertemuan antara pemimpin kedua negara pada tahun 2013. KOTRA mulai menggali ragam produk unggulan dan memberikan penghargaan kepada OVOP pada tahun 2013.

Selain itu, KOTRA pun menyebarkan dan menggencarkan promosi produk hasil OVOP secara online agar produk tersebut mendapatkan exposure yang lebih luas dan lebih internasional.

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah agar penduduk desa dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk dapat terus memacu dan mendorong pengembangan desa/lingkungan secara mandiri dan swadaya, serta memiliki kemampuan dan sifat kritis untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkelanjutan (sustainable) dengan memberikan ilmu langkah strategis kewirausahaan. Hal ini dapat mengubah mental “berapa hasilnya?” menjadi “bagaimana caranya?”.

Tahun ini, KOTRA memperkenalkan gerakan Korea yang bernama “Il-Sa-Il-Chon” kepada Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia. Kegiatan ini memiliki arti kolaborasi persahabatan antar satu desa dan satu perusahaan. Dimulai pada tahun 2004, gerakan ini bertujuan agar perusahaan tersebut mencari hal hal atau produk yang unggul dari suatu desa sehingga desa tersebut bisa mengembangkan perekonomian daerah berupa peningkatan pendapatan dan lingkungan hidup.

Gerakan ini bertujuan untuk memicu adanya pengembangan seluruh proses usaha dengan peningkatan mutu produk, perluasan jalur penjualan, dan perbanyak cakupan dukungan. KOTRA akan menerapkan dan memperluas keberhasilan model Il-Sa-Il-Chon tersebut di atas sebagai tolok ukur, dan mengundang lebih banyak perusahaan perusahaan Korea Selatan ke depannya.

Sembilan perusahaan yaitu CJ, Samsung Electronics, Lotte Mart, Hana Bank, Eagle, Mu Gung Hwa Indonesia, Qoo10, Elevenia, Lejel Home Shopping, KOTRA, Kedutaan Besar Korea di Indonesia dari pihak pemerintah Korea, serta Badan Koordinasi Penanaman Modal(BKPM) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) dari pihak pemerintah Indonesia telah berpartisipasi dalam gerakan ‘Dukungan OVOP’.

Melalui KSU Jatirongo di desa Kulon Progo, Yogyakarta, CJ Indonesia bekerja sama dengan masyarakat desa untuk membuat gula semut. Samsung Electronics membuat kerajinan ketak di desa Janapria, Lombok dengan nama koperasi Kopwan Harapan Bersatu. Selain itu Samsung juga membuat tenun ikat di desa Paraya Baray, Lombok, dengan nama koperasi Kopwan Stage. Minyak kelapa merupakan produk unggulan dari desa Purworejo, Yogyakarta, bekerja sama dengan Lotte Mart melalui Kopwan Srikandi. KEB Hana Bank melalui Koperasi Serta Mertha Buana memiliki produk unggulan kopi Arabica di desa Badung, Bali. Eagle melalui KUD Mandiri Cikondang memliki produk unggulan kerajinan bambu di desa Garut, Jawa Barat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)