Astra Gemakan Keselamatan Berlalu Lintas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri)

Guna memperingati HUT Lalu Lintas pada 22 September 2017, PT Astra International Tbk mengadakan serangkaian kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Medan dengan mengusung acara Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL).

Astra kembali mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas. Rangkaian kegiatan IAABL selama 22-24 September 2017 ini menghadirkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

“Kami mengapresiasi Astra yang telah memberikan pembelajaran kepada masyarakat mengenai keselamatan berlalu lintas, terutama di Binjai ini. Masyarakat harus selalu diingatkan supaya tidak lalai. Semoga pembinaan keselamatan berlalu lintas di Binjai oleh Astra ini dapat menjadi contoh di Indonesia dan harus terus kita gemakan,” ujar Budi di Kampung Berseri Astra (KBA) Cengkeh Turi, Binjai, Sumatera Utara, (24/9).

Budi memaparkan bahwa berdasarkan data Global Status Report on Road Safety, lebih dari 1 juta orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh dunia. Tiga hingga 4 orang tersebut berusia 15 tahun hingga 29 tahun. “Melalui pembinaan keselamatan ini, anak muda diingatkan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Pentingnya pembinaan keselamatan berlalu lintas tersebut juga menjadi perhatian Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Leny Nurhayanti Rosalin. “Di Indonesia, dari 100 ribu korban kecelakaan, sebanyak 85% adalah anak-anak SD, SMP hingga SMA. Program IAABL sangat tepat dalam membantu program pemerintah menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan mendukung program Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo,” tutur Leny.

Leny menambahkan, ketersediaan infrastruktur yang ramah anak tersebut juga sebagai salah satu upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak. Upaya ini, oleh pemerintah melalui Kementerian PPPA telah berkoordinasi dengan berbagai sektor dalam rangka keselamatan lalu lintas seperti dengan Kementerian Perhubungan maupun Korlantas Polri.

Untuk diketahui, Medan merupakan satu dari rangkaian peringatan HUT ke-60 Astra di lima kota di Indonesia, yakni Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya dan Makassar (setelah Medan). Pada setiap peringatan HUT di kota-kota tersebut, Astra mengusung tema berbeda tetapi tetap fokus pada pilar kegiatan kontribusi sosial (corporate social responsibility), yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)