Astra Honda Motor Kembangkan Pelajar Jago Wirausaha

Bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) serentak memulai seleksi siswa/i tingkat SLTA yang memiliki potensi mengembangkan diri melalui dunia wirausaha.

Seleksi bagi wirausaha muda ini digelar dalam rangkaian program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018 untuk mencari generasi muda hebat yang siap menjadi pengusaha-pengusaha muda jempolan.

AHMBS telah berusia 15 tahun. Program tersebut telah menjelma menjadi kompetisi bergengsi antar pelajar  setiap tahunnya. Seleksi bagi para pelajar SLTA di seluruh Indonesia ini mulai dibuka pada April hingga Juli 2018. Wirausaha muda terbaik yang terpilih dari setiap wilayah dealer utama  Honda ini akan berkompetisi secara nasional pada awal Agustus 2018.

Tahun ini, AHMBS mengangkat tema The Millennial Race of Young Entrepreneur yang mencerminkan ketatnya kompetisi antar generasi millenial dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki. Sesuai karakter anak muda terkini, para peserta kompetisi tahun ini didorong untuk memaksimalkan kreativitas dan pemanfaatan dunia digital dalam memajukan usahanya.

Kriteria penilaian kompetisi AHMBS 2018 disusun secara komprehensif oleh PPM School of Management. Para pelajar yang mengikuti kompetisi ini diuji ide dan kemampuan wirausahanya dengan kriteria yang meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.

Seleksi menjadi semakin ketat seiring dengan penilaian secara menyeluruh terhadap kemampuan wirausaha muda ini dalam mengelola bisnisnya dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.

Dalam kompetisi AHMBS yang diawali dengan seleksi di setiap daerah, para peserta ditantang tidak hanya dari segi bisnis yang sudah dijalani, namun juga dari segi kemampuan memasarkan bisnisnya melalui sosial media. Siswa yang telah lolos seleksi di main dealer akan membuat video 1 menit berupa iklan produk/jasa yang ditawarkan yang ditayangkan di media sosial peserta dan instagram @Sahabat1Hati dan @welovehonda.

Kemampuan dalam memasarkan bisnis di media sosial dapat menjadi kesempatan emas bagipeserta kompetisi AHMBS untuk maju ke babak final. Satu siswa dengan video terbaik pilihan juri AHM akan mendapatkan Golden Ticket yang secara otomatis masuk tahap presentasi final enam besar di Jakarta. Peserta terbaik dalam kriteria ini harus memenuhi unsur penilaian kreativitas, teknik olah digital, dan popularitas video di media sosial.

Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, setiap tahun AHMBS memiliki unsur kebaruan yang semakin menantang peserta untuk semakin kreatif dan kompetitif dalam berkarya. AHM melihat kualitas bisnis yang baik juga harus didukung dengan kemampuan berintegrasi dengan dunia digital, terutama media sosial. Hal ini menjadi tantangan baru para wirausaha muda untuk dapat sukses dalam berkarya.

“AHMBS 2018 menyuguhkan kompetisi ketat dan bergengsi yang diikuti oleh calon wirausaha muda terbaik di Tanah Air. Kami berharap program ini mampu memotivasi banyak generasi muda untuk terus berkarya dan berwirausaha sehingga bersama-sama kita dapat wujudkan jutaan wirausaha muda Indonesia yang berkualitas,” ujar Muhibbuddin dalam keterangan resminya kepada SWA Online (3/4/2018)

Selain kriteria penilaian individu yang semakin ketat, AHMBS tahun ini juga menilai kemampuan peserta dalam bekerjasama dalam tim. Penilaian kriteria ini diwujudkan melalui kegiatan AHMBS Amazing Race. Para peserta akan dikuatkan kebersamaannya satu sama lain melalui kegiatan kelompok di suatu wahana permainan terkemuka. Dengan tetap mengutamakan prinsip safety first, para peserta akan diuji kemampuan memecahkan tantangan bersama tim. AHMBS Amazing Race ini diharapkan menjadi titik awal mereka untuk memulai belajar networking dan kerjasama tim yang bermanfaat untuk masa depannya.

Dalam Pelaksanaan AHMBS tahun ini, AHM juga bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor, jaringan  diler utama sepeda motor Honda, dan empat anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)