Astraotoshop.com Tingkatkan Skill Guru-guru SMK di 13 Kota

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya saat upacara HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun Agustus lalu mengungkapkan bahwa dalam periode 5 tahun ke depan, pemerintah akan fokus, konsentrasi ke pembangunan manusia atau pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Targetnya adalah menciptakan SDM unggul, Indonesia maju.

Nah, untuk mendukung pemerintah dalam menciptakan kualitas SDM jempolan, Astraotoshop.com -- perusahaan e-commerce suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan empat anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk.--- terpanggil untuk berkontribusi. Anak perusaan Grup Astra ini menggelar pelatihan khusus untuk guru-guru SMK di 13 kota di Indonesia dengan tema 'Effective Educational Videos (EEV)'.

Pada pelatihan pertama diadakan di Kota Manado. Setelah itu bergeser ke Jakarta, tepatnya di SMKN 14 Jalan Percetakan Negara, Johar Baru, Jakarta Pusat, (26/9/2019). Di Jakarta ini i diikuti oleh 120 guru dari 40 sekolah di Jabodetabek. Selanjutnya akan diselenggarakan di Cirebon, Solo, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Palembang, Padang, Pekanbaru, dan Balikpapan,

“Tujuan pelatihan ini agar para guru dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Effective Educational Videos mengajarkan bagaimana guru-guru SMK, khususnya jurusan Bisnis Daring Pemasaran memiliki keterampilan mengajar dengan membuat konten video,” ungkap Dedy Budiman, praktisi bidang penjualan dan pendidikan yang juga Ketua Dewan Pembina Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI).

Dalam kesempatan yang sama, Dian Pertiwi, E-commerce Supervisor PT Astra Otoparts Tbk, menjelaskan, Astraotoshop.com terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan SDM Indonesia. Dian mengaku merasakan sendiri bagaimana pentingnya online. Jika sebelumnya penjualan dan berbagai urusan manajemen offline, sekarang sedang dalam proses pindah ke online. Dengan. Online bisnis bisa dilakukan dalam 24 jam untuk melayani customer dan bisa lebih meningkatkan customer engagement.

Ketua Umum Asosiasi Guru Marketing Indonesia, Pebrizayanti, menambahkan, dengan pelatihan ini bisa meningkatkan kompetensi guru-guru di SMK menjadi guru yang unggul, terutama guru jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). “Sebagai Guru BDP sejak Pak Dedy berkontribusi di SMK, sangat merasakan hasilnya karena wawasan ilmu dan skill bertambah, menambah pengetahuan akan dunia kerja saat ini. Selama ini orang BDP agak terlena, yang berimbas jurusan BDP kurang diminati,” jelas dia.

Menurutnya, kunci SMK terletak pada keterampilan. Keterampilan khusus jurusan di Indonesia ini, ada di SMK jurusan BDP. Untuk Daring adalah bisnis online. Jadi, jika mengajar murid online, maka guru-gurunya harus lebih canggih dari muridnya. Nah, sebelum ada pelatihan ini, faktanya tidak demikian.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)