Asuransi Astra Syariah Gelar Edukasi Finansial ke Murid SD | SWA.co.id

Asuransi Astra Syariah Gelar Edukasi Finansial ke Murid SD

Literasi masyarakat Indonesia mengenai perencanaan keuangan memang cukup rendah. Dikutip dari hasil survei Otoritas Jasa Keuangan, tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia pada tahun 2013 masih rendah, yaitu hanya 21,84% penduduk yang tergolong well literate, 75,69% sufficient literate, 2,06% less literate, dan 0,41% not literate. Sedangkan tingkat utilitas produk keuangan dan jasa keuangan mencapai 57,28%, yang berarti penduduk Indonesia yang memanfaatkan produk-produk keuangan belum mencapai 60%.

Tati Febriyanti (SVP Asuransi Astra Syariah) menjadi salah satu fasilitator dalam program Meet The Leader

Data ini membuat Asuransi Astra terpanggil untuk melakukan aksi turun ke lapangan dengan mengajak karyawan bersama-sama membantu pemerintah meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya anak-anak, mengenai keuangan dengan mengadakan program ‘Meet The Leader’ yang menyasar siswa-siswi lima sekolah dasar di Jakarta mulai 15 hingga 27 Oktober 2015.

Selain untuk memperingati Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada 18 Oktober 2015, program ini juga dibuat sebagai bagian dari komitmen Perusahaan untuk meningkatkan literasi keuangan melalui jalur edukasi. Sebanyak 62 karyawan Asuransi Astra terlibat aktif menjadi fasilitator yang mengenalkan siswa tentang profesi mereka masing-masing serta literasi keuangan, terutama asuransi umum. Mereka membekali para siswa dengan berbagai pemahaman sederhana mengenai industri asuransi, seperti pengertian asuransi, jenis-jenis asuransi, hingga manfaat memiliki asuransi.

Materi edukasi disampaikan melalui media-media yang menarik seperti gambar ilustrasi, alat peraga, hingga kegiatan-kegiatan yang bersifat interaktif sehingga siswa dapat memahami asuransi dengan mudah. Para siswa pun dibekali informasi mengenai Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga pengawas industri jasa keuangan. Adapun lima sekolah dasar yang menjadi tempat berlangsungnya kegiatan tersebut adalah SDN Gandaria Selatan 01, SDIT Al Hikmah Cilandak, SDN Cipete Selatan 01, SDN Pondok Labu 11, SDI Al-Barkah Lebak Bulus.

Program ‘Meet The Leader’ sendiri adalah bagian dari program ‘The Leader in Me’, sebuah kegiatan sekolah kepemimpinan yang digagas Asuransi Astra Syariah bekerja sama dengan Dunamis Foundation dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip ‘The 7 Habits of Higly Effective People’ karya Dr. Stephen R. Covey.

Chief Human Capital Officer & Corporate Secretary Asuransi Astra, Ida R. M. Sigalingging, dalam sambutannya menyatakan bahwa Program ‘Meet The Leader’ merupakan aksi kepedulian Asuransi Astra khususnya dalam bidang pendidikan.

“Pada tahun ini kami ingin mengenalkan industri asuransi kepada anak-anak sejak awal, dimulai dari usia sekolah dasar. Sehingga nantinya mereka mengerti tentang pentingnya asuransi sebagai salah satu sarana proteksi diri di masa mendatang,.” ujar Ida.

Lebih lanjut, Ida menjelaskan bahwa kegiatan ini sesuai dengan salah satu misi Asuransi Astra yaitu ‘to be good corporate citizen to the communities where we live in’ dan diharapkan berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Semua ini dilakukan dengan harapan agar tingkat literasi keuangan masyarakat terus bertumbuh,” tutupnya. (EVA)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)