Ayo, Sampaikan Idemu Ke Philips!

Program Inovasi Penuh Makna Untuk Anda yang diadakan oleh Royal Philips kembali digelar. Program ini bakal merealisasikan dua ide yang terpilih dari partisipan. Kucuran dana yang digelontorkan perusahaan asal Belanda ini mencapai Rp 1,5 miliar untuk mewujudnyatakan kedua ide terpilih.

"Setelah kesuksesan dari program pertama kami dalam mencari ide untuk inovasi dan merealisasikannya di 2011, kami memperluas jangkauan program dan kami bangga dengan peluncuran ini," ujar Rob Fletcher, Presiden Direktur PT Philips Indonesia, di Jakarta, Senin (30/9/2013).

philips
Ia mengatakan, Philips berupaya untuk selalu mengedepankan inovasi. Selain mencari inovasinya sendiri, perusahaan juga ingin membantu ide-ide masyarakat bisa terwujud. Keinginan perusahaan itu diwujudkan melalui program Inovasi Penuh Makna Untuk Anda.

Di tahun pertama penyelenggaraan, program tersebut berhasil menjaring lebih dari 600 ide yang ditujukan untuk membuat kota lebih layak huni, meningkatkan akses layanan kesehatan, dan membantu masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat. Dari ratusan ide yang ditampung, hanya ada tiga ide yang terpilih. Ide dipilih berdasarkan pemungutan suara oleh masyarakat luas, serta penilaian dewan juri. Salah satu ide yang terpilih adalah menerangi halte bus dengan LED Philips untuk berkontribusi pada kelayakan huni Jakarta.

Tahun ini, program kembali bergulir. Rob menjelaskan, "Kami punya tiga area investigasi yang akan kami eksplorasi, pertama, bagaimana inovasi dapat meningkatkan akses layanan kesehatan." Kedua adalah bagaimana inovasi bisa membantu para ibu dalam merawat keluarga. Ketiga, lanjut dia, bagaimana inovasi membantu mengembangkan daerah pedesaan yang berkelanjutan.

Dia pun bilang, tahun ini, Philips telah menganggarkan dana sebanyak Rp 1,5 miliar untuk dua ide yang terpilih. "Rp 750 juta untuk masing-masing ide," lanjut Rob.

Bagaimana cara mengikuti program tersebut? Program sendiri telah dimulai sejak hari ini hingga 16 November mendatang. Masyarakat bisa menyampaikan idenya di situs philips.to/inovasi. Setiap minggu akan dipilih lima ide terbaik. Jadi, akan ada 35 ide yang dikumpulkan selama tujuh minggu penyelenggaraan.

Nantinya, Philips bersama dengan para ahli, kalangan akademisi, dan kalangan komunitas akan menentukan 12 ide terbaik dari 35 ide yang ada. Sebanyak 12 ide itu akan dipilih berdasarkan pada tiga kriteria. Chatrine Siswoyo, Corporate Communications Manager PT Philips Indonesia, mengatakan, yang pertama adalah orisinalitas ide. Kedua skala ide harus besar. Maksudnya, dampak dari ide bisa dirasakan banyak masyarakat. "Tiga, ide bisa benar-benar diimplementasikan," ujar dia.

"Program Inovasi Penuh Makna Untuk Anda memungkinkan kami dapat mendengarkan ide-ide dar masyarakat Indonesia dalam menjawab tantangan-tantangan yang ada melalui kerja sama dengan para mitra untuk mewujudkan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia," tandas Rob. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)