Az-Zahra Community Bantu 1.090 Pedagang Perempuan

Az-Zahra Community memberikan santuan kepada 1.090 pedagang perempuan di sekitar Jabodetabek. Setiap perempuan penerima santunan, akan mendapatkan donasi sebesar Rp300 ribu. Dana ini ditujukan untuk menambahkan modal pada usaha yang digeluti.

“Tahun ini kami menyantuni sebanyak 1.090 pedagang perempuan. Ini menjadi tahun keempat kami melakukan ini. Yang pertama itu pada tahun 2012, di mana kami menyantuni sebanyak 100 pedagang perempuan, tahun 2013 ada 500 pedagang perempuan, 2014 ada 600 pedagang perempuan, dan tahun ini ada 1090 pedagang perempuan,” papar Nita Yudi, anggota Az-Zahra.

Az-Zahra Community Bantu 1090 Pedagang Perempuan Az-Zahra Community Bantu 1090 Pedagang Perempuan

Pedagang perempuan yang menerima santuan adalah perempuan-perempuan yang berada di lingkungan anggota Az-Zahra dan memiliki usaha sendiri. Alasan penetapan perempuan yang memiliki usaha sebagai penerima bantuan karena perempuan dipandang sebagai sosok yang mampu mengemban amanah dan akan mengedepankan kebutuhan keluarga. Profil perempuan yang menerima santuan yaitu yang berjualan gado-gado, gorengan, makanan kecil, membuka warung, dan menjual pakaian.

“Salah satu tujuan kami melakukan ini adalah untuk membantu para perempaun pedagang kecil agar mereka bisa naik kelas. Saya berharap dengan adanya santuan ini, ibu-ibu bisa menyimpan uangnya, bukan disimpan untuk konsumtif, tetapi untuk menambah modal. Mudah-mudahn dengan bertambahnya modal dan usaha keluarga, dapat lebih sejahtera lagi terutama bisa mendapatkan makanan baik dan pendidkan yang baik,” tambah Nita yang juga Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Az-Zahra Community sendiri adalah komunitas perempuan yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Komunitas yang berdiri pada 12 April 2012 ini, kini memiliki 100 anggota dari berbagai profesi seperti ibu rumah tangga, sosialita dan juga pengusaha. Kelompok ini dimulai dari kumpulan arisan perempuan yang ingin memberikan manfaat lebih untuk masyarakat. Setiap bulannya, anggota dari Az-Zahra mengumpulkan uang, baik untuk arisan dan juga kas. Dana yang dikumpulkan di kas inilah yang digunakan untuk membantu masyarakat. Bukan hanya membantu pedagang perempuan, kelompok ini juga kerap ikut ambil bagian dalam pemberian gerobak untuk penjual ikan di daerah Jakarta Utara. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)