Bakti BCA Gelar Tiga Program Sekaligus di Banyuwangi | SWA.co.id

Bakti BCA Gelar Tiga Program Sekaligus di Banyuwangi

Edukasi pencegahan stunting sebagai salah satu kegiatan Bakti BCA di Banyuwangi, (9/8). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Melalui payung Bakti BCA, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melaksanakan rangkaian kegiatan CSR di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada 9 - 10 Agustus 2023. Banyuwangi menjadi salah satu lokasi prioritas program tanggung jawab sosial perusahaan, dengan tiga program sekaligus di bidang kesehatan, lingkungan hidup, dan pembinaan desa wisata.

Serangkaian kegiatan yakni edukasi pencegahan stunting dan bakti sehat untuk balita di Kecamatan Wongsorejo, pelepasliaran tukik dan penanaman pandan laut di di Pulau Santen, serta promosi Desa Wisata Tamansari yang merupakan Desa Binaan BCA.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan bahwa BCA telah bersinergi dengan Kabupaten Banyuwangi sejak tahun 2015 lalu, tepatnya sejak memulai program desa binaan dengan Desa Wisata Tamansari yang menyimpan potensi pariwisata yang besar.

“Namun, kami percaya bahwa potensi perekonomian suatu daerah juga harus didukung oleh kesehatan penduduknya serta kelestarian lingkungan yang melingkupinya. Karena itu, mengusung kampanye #GenerasiPastiBisa, kami juga memberikan perhatian kepada peningkatan kesejahteraan dan kesehatan komunitas serta kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Banyuwangi, sehingga mampu memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian daerah,” ungkap Hera.

Pada kegiatan pencegahan stunting, BCA bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, serta Posyandu setempat dalam melakukan penyuluhan tentang kesehatan serta lingkungan yang sehat dan bersih kepada orang tua. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kondisi baduta, dengan melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, hingga pemberian makanan sehat.

Berdasarkan data terkini, Kecamatan Wongsorejo merupakan kecamatan dengan angka stunting tertinggi di Kabupaten Banyuwangi. Meski pada tahun 2022 angka stunting di Banyuwangi berada di level 18,1%, turun dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 20,1%, namun masih terdapat kecamatan dengan tingkat stunting yang cukup tinggi, salah satunya Kecamatan Wongsorejo. Untuk itu, sejalan dengan komitmen BCA serta mendukung target pemerintah untuk menekan angka stunting di Kabupaten Banyuwangi hingga di bawah 14% pada 2024, perseroan BCA pun turut ambil bagian dengan menggelar Bakti Sehat untuk Balita dan Edukasi Pencegahan Stunting kepada Remaja.

Selain kesehatan, keseimbangan lingkungan juga menjadi perhatian utama BCA guna menciptakan dampak ekonomi yang berkelanjutan di Kabupaten Banyuwangi. Menyadari bahwa magnet wisata pantai di Banyuwangi begitu besar, BCA di tahun ini pun melakukan inisiatif dalam hal konservasi ekosistem laut dengan melakukan pelepasliaran 50 anak penyu (tukik) dan penanaman 100 pandan laut di Pulau Santen.

Dukungan BCA dalam pelestarian penyu telah dilakukan sejak tahun 2015, bekerja sama dengan Yayasan Penyu Banyuwangi dan WWF. Dalam kurun waktu 2015-2021, BCA telah mendukung pelepasliaran sekitar 24.000 tukik, adopsi dan relokasi 400 sarang penyu, serta menyelenggarakan sejumlah edukasi pelestarian penyu kepada masyarakat.

Pada kunjungan kali ini, Bakti BCA juga mempromosikan beragam objek wisata Desa Tamansari, Kabupaten Banyuwangi. Tidak hanya itu, Bakti BCA juga menggandeng Putri Indonesia 2023 Farhana Nariswari untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang potensi pariwisata dan sejumlah produk UMKM unggulan yang dimiliki oleh Desa Wisata Tamansari.

Selama hampir 8 tahun, perseroan memberikan bantuan sarana dan prasarana serta pembinaan berkelanjutan untuk mengoptimalkan potensi wisata di Desa Wisata Tamansari. Sinergi dan kolaborasi kuat antara BCA, pemangku kepentingan setempat, dan pengurus Desa Wisata Tamansari pun membuahkan hasil. Desa Wisata Tamansari kini telah diganjar berbagai penghargaan dari tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Setidaknya sudah ada 15 penghargaan yang diraih Desa Wisata Tamansari, dengan yang terbaru adalah Penghargaan kategori Community Based Tourism ASEAN Tourism Forum 2023.

Kami harap segala apresiasi yang diterima Desa Wisata Tamansari dapat terus memacu semangat BCA untuk senantiasa meningkatkan kualitas desa wisata binaan lainnya, sehingga mampu menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang berkelanjutan bagi komunitas desa, sekaligus mendukung program pemerintah bangga berwisata di Indonesia,” kata Hera mengakhiri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)