Bantuan Akses Air Bersih untuk 5 Desa di Bali

Shopee bekerja sama dengan TNI dari Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana menyediakan akses air bersih untuk sejumlah warga desa di Bali. Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan pihaknya memasang pompa untuk akses air bersih untuk mengatasi krisis air bersih di Desa Wanagiri, Desa Rendang di Kabupaten Karangasem, Desa Penglumbaran di Kabupaten Bangli, Desa Tampaksiring di Kabupaten Gianyar serta Desa Tembeling di Kabupaten Klungkung.

“Kami ingin membantu masyarakat setempat mendapatkan bantuan akses air bersih. Kegiatan itu untuk membantu hampir 1.800 kepala keluarga untuk mendapatkan akses air bersih,” jelasnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Yayasan IDEP Selaras Alam atau IDEP Foundation, termasuk di Desa Penglumbaran, menemukan fakta bahwa muka air tanah di beberapa wilayah di Bali terutama di wilayah bagian selatan telah mengalami penurunan hingga lebih dari 50 meter dalam waktu kurang dari sepuluh tahun.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu tokoh masyarakat Desa Wanagiri, Nyoman Widiada yang mengungkapkan bahwa desanya sering kali mengalami krisis air bersih karena kesulitan akses. Nyoman menjelaskan bahwa desa yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut itu harus memanfaatkan air dari Danau Buyan yang memiliki jarak yang cukup signifikan dari tempat tinggalnya.

Demi mendapatkan air bersih, mereka harus menarik air dari Danau Buyan dengan mesin lempar. Warga desa secara mandiri maupun berkelompok, menggunakan biaya masing-masing untuk membeli mesin pompa dan bensin untuk menjalankan mesin yang hanya mampu menarik air sejauh 400 meter. Namun setelah adanya bantuan instalasi pompa, kini kata Nyoman masyarakat desa di lima titik tersebut mulai merasakan perbedaan signifikan di dalam berbagai aspek.

Menurut dia, pompa hidram itu berhasil mencukupi kebutuhan air bersih untuk sekitar 70 kelapa keluarga di desa tersebut. “Kehadiran pompa tersebut juga dapat meringankan beban masyarakat desa untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka,” ujarnya. Ia berharap adanya pompa tersebut dapat mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat di desa itu. Sedangkan untuk perawatannya akan terus dilakukan bersama-sama agar dapat terus menjadi sumber air bersih bersih.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)