BCA Ajak 500 Siswa SD untuk Mengenal Perbankan Sambil Bermain

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) peduli dengan dunia pendidikan. Hal ini diwujudkan dengan berbagai kegiatan melalui corporate social responsibility (CSR). Baru-baru ini program Bakti BCA bekerja sama dengan Kidzania Pacific Place mengajak 500 siswa dari sekolah dasar negeri (SDN) I dan II Taktakan, Serang, yang merupakan sekolah binaan Bakti BCA terintegrasi untuk berkunjung ke booth Minibank BCA di Kidzania Pacific Place.

BCAKidzania

Para siswa SD diajak untuk mengenal dunia perbankan melalui acara ini. Mereka berasal dari SDN 2 sekolah dasar di Serang yang merupakan sekolah binaan bakti BCA terintegrasi. Turut hadir dalam penyelenggaraan kegiatan yaitu Inge Setiawati – Sekretaris Perusahaan BCA dan Sapto Rachmadi – Kepala Sub Divisi Kegiatan Sosial BCA, Haryono Wongsonegoro – Kepala Kantor Wilayah XII BCA dan Jimmy Stephen L – Kepala KCU Serang.

 Inge mengatakan, “Pengenalan dunia perbankan terhadap anak perlu dilakukan sejak usia dini. Proses belajar tidak dilakukan sebatas hanya di sekolah, namun bisa di mana saja. Melalui acara kunjungan ini, para siswa SD dapat belajar mengenal bank dengan cara yang ringan dan menyenangkan.”

Pendidikan tentang keuangan dan bank perlu diberikan kepada anak agar mereka dapat mengelola uangnya dengan baik di masa depan. Namun, jika pengenalan ini dilakukan sebatas melalui materi bacaan, anak akan menjadi cepat bosan. Oleh karena itu, mereka perlu belajar melalui aktivitas yang menyenangkan, diantaranya dengan bermain di dalam minibank.

Di minibank ini, anak-anak dapat belajar banyak hal, antara lain melihat wujud kartu ATM dan buku tabungan, tata cara untuk menabung di bank, berkomunikasi dengan teller, hingga melakukan transaksi di mesin ATM. Ini tentunya merupakan pengetahuan yang berguna bagi mereka di masa depan.

Dengan mempraktikkan berbagai aktivitas di bank, anak akan lebih cepat memahami berbagai prosedur sederhana yang ada di bank, termasuk cara dan prosedur untuk menjadi nasabah bank. Diharapkan, dengan mengenalkan anak kepada bank, secara tidak langsung anak menjadi termotivasi menabung di bank.

Inge menambahkan, “BCA konsisten untuk memberikan pendidikan kepada anak, diantaranya adalah melalui pengenalan terhadap bank. Kami berharap, setelah mencoba melakukan berbagai transaksi di bank, anak-anak akan terbiasa dan senang untuk datang ke bank. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk dapat menabung di bank.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)