BCA Donasikan Rp200 Juta untuk Kembalikan Habitat Penyu

Bekerja sama dengan World Wide Fund (WWF), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan donasi Rp200 juta untuk mendukung upaya rehabilitasi hutan pusat konservasi penyu di Pangumbahan. Ini merupakan bagian dari upaya menjaga pusat konservasi penyu yang mulai terganggu karena maraknya pembangunan di area pantai. Rehabilitasi hutan melalui penanaman pohon diyakini juga akan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca Indonesia. Program ini diharapkan dapat juga menjaga kelestarian penyu, mengingat penyu kerap kembali ke tempat asalnya jika ingin bertelur.

BCA Donasi Area Konservasi penyu

"Program bakti BCA bidang lingkungan dalam bentuk donasi Rp200 juta ini dilakukan sebagai dukungan BCA terhadap perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan upaya rehabilitasi hutan," ujar Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA.

Kali ini ditujukan bagi rehabilitasi kawan hutan seluas 5 hektar yang akan ditanami 2.000 pohon di hutan pusat Konservasi Penyu yang terletak di Pangumbahan, Sukabumi Selatan. Kerja sama yang dilakukan bersama WWF Indonesia ini bertujuan untuk mendukung meningkatkan kondisi habitat satwa dalam hal ini habitat penyu.

Jahja berharap agar lewat upaya penanaman kembali kawasan hutan yang terdegradasi maka habitat ini menjadi ideal bagi penyu untuk bertelur sehingga dapat dilestarikan dan bahkan terus bertambah jumlahnya.

BCA sudah kerap kali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Pada 2013 BCA melakukan penanaman 2.400 batang pohon untuk mendukung perbaikan di daerah sub das Ciliwung Hulu. Pada 2012, BCA juga melakukan penanaman 2.750 bibit pohon pala di daerah penyangga Taman Nasioanl Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. Pada 2011, BCA juga merealisasikan komitmennya dalam mendukung inisiatif penghijauan dengan menyumbangkan 2.000 pohon utuk Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

BCA sendiri memiliki tiga pilar dalam melakukan CSR, yaitu Solusi Cerdas, Solusi Sinergi dan Solusi Bisnis Unggul. Pada 2013, BCA mengucurkan Rp40-an miliar untuk CSR yang 40% disalurkan untuk Solusi Cerdas, 40% untuk Solusi Sinergi, dan 20% untuk Solusi Bisnis Unggul. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)