Bakti BCA Konsisten Salurkan Beasiswa Buat Mahasiswa

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tahun 2013 kembali memberikan Beasiswa Bakti BCA pada mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi negeri (PTN).

Penyerahan Beasiswa Bakti BCA ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA kepada Dr. I Nyoman Suyatna, SH. MH, Pembantu Rektor III Universitas Udayana disaksikan oleh Subur Tan, Direktur BCA, dan Inge Setiawati, Sekretaris Perusahaan BCA serta segenap Rektor dari PTN penerima Beasiswa Bakti BCA 2013.

BCA Bakti

Menurut Jahja, program Beasiswa Bakti BCA ini merupakan komitmen korporat untuk memberikan bantuan di bidang pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu secara finansial untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. "Program bantuan untuk pendidikan menjadi perhatian besar bagi korporat. Karena kami berpendapat, para pelajar merupakan generasi unggul calon pemimpin masa depan Indonesia," ujarnya.

Program Beasiswa Bakti BCA yang dimulai sejak tahun 1999 ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi, tapi memiliki kendala finansial. Tahun ini ada 16 PTN yang menerima Beasiswa Bakti BCA dengan total nilai donasi BCA sebesar kurang lebih Rp 4 miliar.

Sebagai ilustrasi, sebelumnya kegiatan Beasiswa Bakti BCA pada tahun 2012 diberikan kepada 102 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan beberapa lembaga lain. PTN penerima Beasiswa Bakti BCA 2013 yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjajaran (Unpad),Universitas Sumatra Utara (USU), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Udayana, Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Sam Ratulangi, Universitas Cendrawasih dan Universitas Mulawarman.

Dukungan kami terhadap kemajuan dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik akan terus kami lakukan. Ini juga merupakan langkah untuk terus membina hubungan baik dengan para penggiat pendidikan agar semua generasi muda Indonesia dapat memperoleh pendidikan,” kata Jahja.

Hal senada juga diungkapkan Inge, bahwa gencarnya penyaluran Beasiswa Bakti BCA kepada mahasiswa, terlebih penambahan jumlah PTN penerima beasiswa diharapkan dapat memacu bagi mahasiswa/idalam mengejar pendidikan. “Kami melihat bahwa pada dasarnya setiap universitas pasti memiliki mahasiswa atau mahasiswi yang memiliki potensi akademis tetapi terhalang oleh kemampuan finansial. Dengan penambahan universitas pada tahun ini kami berharap dapat menjangkau dan membantu lebih banyak lagi mahasiswa yang memiliki kondisi tersebut,” tambah Inge.

Inge melanjutkan, BCA memandang pendidikan sebagai investasi dalam meraih masa depan yang lebih baik. Melalui program Beasiswa Bakti BCA 2013, diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda Indonesia yang cerdas, kuat, dan mampu menjadi pemimpin masa depan.

Sementara itu, Engkus Kuswarno, Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjajaran, menjelaskan, keberadaan pihak swasta akan memperkaya dan melengkapi pengembangan pendidikan di Indonesia, terutama pemenuhan kebutuhan mahasiswa berprestasi yang terhalang kondisi kemampuan finansialnya dalam mengejar pendidikan. Diharapkan, melalui kerja sama ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)