BCA – OJK Serahkan Bantuan untuk Pemulihan Pasca Banjir Manado

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Manado 15 Januari lalu telah berlalu selama lebih dari satu bulan. Namun dampak yang ditimbulkan oleh bencana ini masih jelas dirasakan oleh masyarakat. Para siswa-siswi merupakan salah satu pihak yang merasakan langsung dampak bencana banjir bandang karena selain kehilangan tempat tinggal, mereka pun tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar karena rusaknya sekolah, buku-buku, dan peralatan belajar mengajar. Oleh karena itu, Bakti BCA bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyalurkan bantuan untuk pemulihan pasca banjir Manado.

BCA Manado

Bantuan ini diserahkan oleh Direktur BCA, Subur Tan dan Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Rahmat Waluyanto kepada Kepala Sekolah SD Negeri 52 Singkil dan Perwakilan PMI Manado. Pada kesempatan ini, BCA dan OJK menyerahkan bantuan berupa buku-buku untuk perpustakaan, 1000 paket peralatan belajar dimana 250 di antaranya akan diserahkan kepada SD Negeri 52 Singkil dan 750 paket lainnya diserahkan kepada PMI untuk disalurkan kepada sekolah-sekolah lain yang membutuhkan. Selain memberikan 750 paket belajar, BCA juga memberikan donasi Rp150 juta kepada PMI untuk pengadaan air bersih.

Kita patut bersyukur karena masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Manado telah berakhir pada hari Rabu, 12 Februari pekan yang lalu. Ini artinya kita sudah dapat mulai menata kehidupan pasca banjir bandang yang terjadi. Untuk itu, Bakti BCA dan OJK berupaya meringankan beban para korban dengan memberikan bantuan berupa buku-buku perpustakaan, 1000 paket peralatan belajar dan donasi Rp150 juta untuk pengadaan air bersih. Bantuan ini diharapkan dapat menolong para korban pasca banjir yang kesulitan untuk mengakses air bersih serta membantu para siswa yang kehilangan peralatan belajar.” ungkap Subur.

Hingga saat ini, banjir bandang yang melanda Manado telah menimbulkan kerugian yang sangat besar. Sebagaimana dilansir dalam bnpb.go.id, Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang mengatakan, total dampak bencana mencapai 11 kabupaten/kota, jalan rusak sepanjang 25 km yang menghubungkan Manado, Tomohon dan Trans Sulawesi.

Walikota Manado, Vicky Lumentut, pada 4 Februari silam menyatakan terdapat 78.930 jiwa terdampak bencana, 810 KK yang kehilangan tempat tinggal, 3.687 KK mengalami kerusakan yang berat pada rumahnya, sementara 2.723 KK lainnya rusak ringan. Banjir ini juga masih menyisakan tumpukan sampah yang diperkirakan mencapai 100.000 kubik di mana volumenya sudah melebihi daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, satu-satunya TPA di Manado.

Sebelumnya, BCA telah memberikan bantuan berupa 1000 lampu emergency gratis kepada para pengungsi bencana banjir Manado. Selain itu, BCA juga memberikan 300 paket bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para korban yang diserahkan secara langsung untuk tiga posko bantuan yang berbeda, yakni Gereja Betlehem, Gereja Getsemani, Gereja Mikael Manado.

Tidak hanya membantu penanggulangan bencana di Manado, Bakti BCA juga telah menyalurkan bantuan kepada para korban bencana di wilayah-wilayah lain. Untuk musibah banjir di Jakarta, Bakti BCA telah mendonasikan bantuan sebesar Rp300 juta yang disalurkan melalui PMI DKI Jakarta. Di samping itu, karyawan BCA juga berpartisipasi dalam pengumpulan barang-barang layak pakai (pakaian anak-anak, dewasa), biskuit, air minum mineral untuk disalurkan melalui cabang-cabang BCA dan diserahkan kepada korban banjir Jakarta. Uluran kasih BCA juga hadir untuk korban letusan gunung Sinabung, Sumatera Utara melalui bantuan bahan-bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir dan biskuit.

Pemberian bantuan bagi korban bencana alam merupakan salah satu pilar utama Bakti BCA, hal ini juga kami lakukan untuk mempertegas komitmen BCA terhadap kualitas penanggulangan bencana alam di tanah air. Kami juga berharap apa yang dilakukan BCA semakin memicu banyak perusahaan yang ikut bergerak membantu para korban,” tutup Sekretaris Perusahaan BCA,Inge Setiawati. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)