Beasiswa Lotte Foundation untuk 51 Mahasiswa

Pendidikan menjadi salah satu kunci menuju kesuksesan di masa depan. Sayangnya, masih banyak anak pintar dan berbakat, namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Nah, kini, mulai banyak bantuan program beasiswa pendidikan yang diberikan baik pihak swasta maupun pemerintah.

Jukyang Yoon (sebelah kiri) saat memberikan beasiswa secara simbolis Jukyang Yoon (sebelah kiri) saat memberikan beasiswa secara simbolis

Jukyang Yoon, Chief Executive Officer Lottemart Indonesia, melihat bahwa bantuan pendidikan bagi mahasiswa di Indonesia masih sangat dibutuhkan. Tahun ini, Lotte Foundation memberikan bantuan dana kuliah kepada 51 mahasiswa dari 11 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi yang menerima bantuaan adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknik Bandung (ITB), Universitas Nasional (UNAS). Atmajaya, Univeristas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Prasetya Mulya, Universitas Isla As Syafiiah, Universitas Brawijaya Malang, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dan Universitas Sebelas Maret Solo.

Beasiswa ini sudah dimulai sejak tahun 2010 diawali dengan dua universitas sebagai penerima besiswa. Kini sudah ada 203 mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut. Nantinya, Jukyang berharap jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa masing-masing $ 400 ini akan bertambah jumlahnya.

“Program ini akan kami teruskan sampai tahun-tahun berikutnya. Nantinya kami juga sedang membahas pertukaran pelajar antara mahasiswa dari Indonesia dan Korea,” ujarnya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi para mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki IPK di atas 3.

Setiap mahasiswa menerima beasiswa untuk satu semester. Mereka bisa menerima beasiswa yang sama bila kualifikasi yang dimiliki sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Lotte Foundation tidak sendirian dalam memberikan beasiswa tersebut, mereka mendapatkan rekomendasi dari perguruan tinggi yang mengajukan beasiswa untuk mahasiswa mereka.

Beasiswa Lotte Foundation tidak hanya diberikan pada mahasiswa di Indonesia  tetapi juga di Malaysia, Korea, dan China. Tahun ini mereka juga memberikan beasiswa yang sama di Myanmar dan India. Selain Lotte Foundation, grup Lotte melalui Lottemart juga memberikan beasiswa khusus untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA.

Beasiswa tersebut diakuinya berjalan sejak tahun 1983 di Korea dan mulai menyebar ke berbagai negara Asia dalam beberapa tahun terakhir. Negara penerima beasiswa merupakan negara-negara di mana bisnis Lotte tumbuh dan berkembang. Grup yang termasuk perusahaan kelima terbesar di Korea ini, memiliki banyak lini bisnis seperti food and beverage, retail, finance, petrokimia, hotel, dll.

Bisnis grup ini berkembang ke berbagai wilayah Asia yang lain seperti Indonesia, Vietnam, India, China, Malaysia, dll. Pada tahun 2015 mereka memiliki 50.000 karyawan global yang tersebar di seluruh penjuru Korea. Pada tahun 2018 grup ini menargetkan untuk mampu mencapai pendapatan $80 milyar dimana 30% nya diperoleh melalui lini bisnis yang tersebar di Asia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)