Beasiswa StuNed Mulai Bidik Fresh Graduate

StuNed

Program beasiswa StuNed (Studeren in Nederlands) kembali memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi ke jenjang master atau mengikuti kursus singkat di perguruan tinggi Belanda. Beasiswa StuNed terbuka untuk umum dan perhatian khusus diberikan kepada pelamar berprestasi dan memiliki keterkaitan dengan area prioritas kerja sama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia.

Sejak diluncurkan pada tahun 2000, Indy Hardono, Koordinator Team Beasiswa Stuned, mengungkapkan bahwa StuNed tahun ini akan lebih kompetitif dan akan memilih pelamar terbaik dan memprioritaskan pelamar yang sesuai dengan lima area prioritas kerja sama bilateral yang meliputi pengelolaan air, ketahanan pangan, sektor ekonomi, sektor judisial dan hak asasi.

Untuk mendaftar beasiswa StuNed, pelamar harus memiliki Surat Penerimaan (letter of admission) dari universitas di Belanda. Selain itu pelamar juga harus memiliki sertifikat IELTS dengan nilai 6 atau TOEFL IBT minimal 80 untuk program master dan nilai IELTS 5,5 atau TOEFL IBT minimum 68 untuk kursus singkat. Walaupun secara umum beasiswa StuNed ditujukan bagi professional madya dengan pengalaman bekrja minimal 2 tahun, namun fresh graduate yang memiliki prestasi unggul dihimbau untuk mengirimkan aplikasinya.

Setiap tahunnya StuNed memberikan rata-rata 250 beasiswa penuh tiap tahunnya. Berbeda dengan sebelumnya, ‚ÄĚTahun ini kami lebih ketat dan mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Kami akan memberangkatkan sekitar 100 penerima beasiswa pada tahun terakhir dari fase ke empat ini," imbuh Indy.

Batas waktu pendaftaran beasiswa StuNed akan berakhir pada tanggal 15 Maret 2015 untuk program master dan tanggal 1 Maret 2015 untuk program kursus singkat. Guna menyosialisasikan beasiswa StuNed , Nuffic Neso Indonesia akan menyelenggarakan Dutch Placement Days dan Pameran Pendidikan Tinggi Eropa di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai StuNed dapat dilihat di www.nesoindonesia.or.id/stuned. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Beasiswa StuNed Mulai Bidik Fresh Graduate”

Maksud dari "fress graduted dengan prestasi" mohon penjelasan lebih lebih lanjut..
by Ahmad Dahlan, 22 Oct 2014, 13:54

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)