Bentuk Kepedulian Danamon Terhadap Para Wirausahawan Sosial

Sebanyak lima wirausahawan telah terpilih sebagai yang terbaik dalam ajang Danamon Social Entrepreneur Awards 2013. Mereka terpilih selain karena sukses menjalankan bisnisnya, mereka juga berhasil mensejahterakan orang-orang di sekitarnya.

danamon awards

"Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi Danamon kepada individu-individu yang telah berhasil dan terbukti dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan di sekitarnya melalui solusi kewirausahaan," ujar Henry Ho, Direktur Utama Danamon, di Jakarta, Senin (28/10/2013).

Penghargaan ini bukanlah yang pertama kali diadakan. Dan pada penyelenggaraan tahun ini, ada peningkatan jumlah proposal peserta sebanyak 300 persen dari tahun lalu. Namun, hanya ada lima wirausahawan yang diumumkan meraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013. Mereka adalah Sukmariah "Srikandi Koperasi", Eko Mulyadi "Pendorong Kemandirian", Jumali W Purwito "Ksatria Pogog", Umar Husein "Penjahit Cinta", dan Sunarni "Penyambung Asa."

"Para social entrepreneur yang meraih penghargaan pada malam hari ini (Senin) memiliki semangat juang yang tinggi dan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitarnya untuk mandiri melalui inisiatif yang berkelanjutan," tambah Henry.

Dari lima orang tersebut, Sukmariah berhasil menjadi yang terfavorit berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan selama tanggal 18 September-17 Oktober 2013 melalui media online. Wanita dari Tangerang- Banten ini mendirikan koperasi simpan pinjam dan binaan. Koperasi itu memberikan pinjaman modal kepada masyarakat sekitar dan ilmu keterampilan, seperti menjahit. Bukan main dampak yang ditimbulkan dari keberadaan koperasi ini. Koperasi memberikan manfaat bagi sekitar 100 pengusaha kecil, 190 fakir miskin, 30 penjahit konveksi, 13 anak terlantar, hingga 20 ibu yang diberikan pelatihan menjahit secara gratis.

Berhasil menjadi yang terfavorit, Sukmariah pun diberikan hadiah uang tunai sebanyak Rp 60 juta. Empat orang lainnya juga mendapatkan uang tunai dengan jumlah Rp 40 juta. "Para peraih penghargaan ini menunjukkan bahwa tantangan sosial dan ekonomi dapat diatasi dengan kegigihan dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia," terang Zsa Zsa Yusharyahya, Ketua Panitia Pelaksana Danamon Social Entrepreneur Awards 2013. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)