Blibli Berkolaborasi dengan Owens Illinois Indonesia Sumbang 6.600 Botol Hand Sanitizer untuk Masyarakat

Blibli kembali menunjukkan komitmennya di tengah situasi wabah COVID-19. Berkolaborasi dengan produsen pengemasan botol kaca Owens-Illinois Indonesia (O-I), kerjasama ini berhasil menyumbangkan 6.600 botol hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dari semua hand sanitizer tersebut, 1.500 botol disalurkan bekerja sama dengan gerakan #BagiAsa, sebuah progam hasil kolaborasi empat media: Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama kantor pengacara Hendra Soenardi. Dalam pelaksanaannya, gerakan #BagiAsa bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FoI) dan Accelerice.

Blibli menyambut baik inisiatif kampanye #BagiAsa yang diusung sebagai sebuah inisiatif bersama penggalangan dukungan untuk membantu masyarakat kurang mampu dan paling rentan terhadap dampak penyebaran virus COVID-19. Blibi melihat perlunya kerjasama dari berbagai pihak agar bersama-sama dapat menekan laju penyebaran COVID-19. “Sudah waktunya bagi seluruh pihak bersatu padu dalam menghadapi situasi ini dan bersama-sama memulihkan Indonesia,” tutur Sindu Sirat, Vice President Express Delivery Blibli.com, Sabtu 16 Mei 2020, di Jakarta.

Produk hand sanitizer yang akan disebarkan di berbagai titik di Jakarta ini merupakan kelanjutan dukungan yang diberikan oleh Blibli ditengah anjuran pemerintah agar masyarakat dapat terus menjaga kesehatan dengan menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer. Sejak COVID-19 mulai mewabah di Indonesia, Blibli secara aktif melakukan edukasi baik kepada karyawan, sellers dan partner logistik, pelanggan serta masyarakat secara luas agar selalu waspada dan menjaga kebersihan diri dan sekitar melalui kampanye #KarenaSehatNo1.

Sindu Sirat menambahkan, total sebanyak 6.600 botol hand sanitizer akan disebarkan langsung di 13 titik, oleh Blibli Bersama mitra dan juga melalui gerakan #BagiAsa. “Blibli bersama seluruh mitra strategis kami akan terus menyatukan semangat untuk mendukung masyarakat Indonesia agar bersama-sama dapat menghadapi dan melewati situasi pandemi ini.”

Sindu menjelaskan hand sanitizer merupakan salah satu sarana pencegahan terjadinya penularan virus COVID-19. Oleh karena itu, Blibli menyambut baik kerjasama donasi pemberian hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan dan juga dukungan Owens-Illinois Indonesia (O-I) untuk mengemas hand sanitizer yang akan didonasikan dalam botol kaca sehingga kualitasnya dapat terus terjaga dan juga sangat ramah untuk lingkungan.

Arman Hasan Poeloengan, Human Resource and Corporate Affair Director O-I, menuturkan, “Kami merasa senang dapat berkolaborasi dengan Blibli yang memiliki komitmen tinggi di tengah situasi wabah ini. Seperti Blibli, OI berkomitmen untuk mendukung komunitas di sekitar pabrik pada masa pandemi ini. Kami bangga dapat bermitra dengan Blibli dalam projek ini dengan menyediakan botol kaca untuk kemasan hand sanitizer yang merupakan barang esensial dan penting yang akan membantu masyarakat melewati pandemi ini.”

Menurut Arman, O-I sangat berkomitmen memperbaiki kondisi lingkungan dan komunitas tempat O-I beroperasi. Botol kaca sebagai satu-satunya jenis kemasan yang akan memberikan keberlangsungan (sustainability) lingkungan di masa depan. Karena botol kaca dapat didaur ulang dan digunakan lagi, baik digunakan kembali (reuse) untuk kemasan produk lain atau didaur ulang (recyle) oleh O-I menjadi botol kaca baru. “Ketika botol digunakan dalam proses daur ulang, kami mengeluarkan emisi karbon yang lebih rendah, menggunakan lebih sedikit energi dan kami tidak memiliki banyak limbah. Ini membantu meningkatkan keberlansungan (sustainability) lingkungan di Indonesia,” jelas Arman.

Dari total 6.600 botol yang masing-masing berisi 330ml hand sanitizer ini akan diberikan kepada berbagai lapisan di masyarakat termasuk di Kawasan Jakarta Timur yang akan diserahkan kepada karyawan perusahaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur, Kecamatan Cakung, POLSEK Cakung, RS Eka Hospital, RS Ananda, RS Islam Pondok Kopi, RS THB, RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, Kelurahan Ujung Menteng, dan masyarakat sekitar pabrik.

Sejak Pemerintah Indonesia mengeluarkan anjuran terkait situasi penyebaran COVID-19, Blibli terus mengajak seluruh pelanggan untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan badan, penerapan physical distancing dan beraktivitas di rumah. Untuk terus menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan, Blibli juga meningkatkan proses sanitasi di seluruh lini operasi perusahaan serta menerapkan pengiriman tanpa kontak atau contactless shipping untuk meminimalisir kontak antara kurir dan pelanggan.

Memberikan kemudahan bagi para pelanggan tentunya menjadi bagian dalam upaya memulihkan Indonesia yang sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mengedepankan kepuasan pelanggan. Di tengah suasana bulan Ramadan ini Blibli juga mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam upaya menangani penyebaran COVID-19 serta tetap berbagi kebaikan melalui #RamadanLebihBaik. Tentunya seluruh inisiatif dari Blibli ini merupakan bagian dari komitmen Customer Satisfaction First untuk terus mengedepankan kepuasan pelanggan #KarenaSehatNo1.

Tentang Blibli.com
Blibli.com, berdiri tahun 2011, merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Sebagai mal online terbesar dan terpercaya, Blibli.com menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 75.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik & gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup. Kecepatan pengiriman barang di Blibli.com didukung oleh armada BES dan 15 mitra logistik, serta memiliki 20 gudang barang dan 32 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli.com berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan customer care, kepastian 15 hari pengembalian barang serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.

www.blibli.com atau unduh aplikasi Blibli.com di Android, dan iOS.

Tentang #BagiAsa
Program #BagiAsa merupakan kolaborasi empat media yaitu Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama kantor pengacara Hendra Soenardi. Dalam pelaksanaannya, gerakan #BagiAsa bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FoI) dan Accelerice.

Gerakan #BagiAsa lahir atas keprihatinan terhadap masyarakat yang terdampak akibat penyebaran virus Covid-19. Sebagian besar dari mereka harus kehilangan mata pencaharian akibat PHK atau usaha yang dimiliki sepi pembeli.

Di samping sembako, bantuan juga disalurkan dalam bentuk makanan yang pengelolaan dan pendistribusian dilakukan sepenuhnya oleh Foodbank of Indonesia (Foi) melalui tata laksana yang ketat. FoI akan mengontrol kualitas makanan hingga penyaluran ke kelompok yang membutuhkan sesuai dengan SOP pencegahan penularan Covid-19 dengan memperhatikan aspek higienitas. Jaringan relawan Foodbank of Indonesia akan mendistribusikan bantuan ke berbagai tempat. Sementara itu, kebutuhan makanan siap saji dilakukan oleh Accelerice.

Gerakan #BagiAsa juga memberi donasi berupa alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis. Mengingat tenaga medis cukup rentan tertular Covid-19 saat menjalankan tugasnya.

Demi mendukung Gerakan #BagiAsa, Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR juga melakukan kampanye dan publikasi melalui platform media sosial masing-masing media. Individu atau korporat yang ingin melakukan donasi dapat menyalurkan bantuan melalui Rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Bank BNI: 2005202055.

Setiap donasi yang diterima dan disalurkan untuk Gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal media Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat dalam gerakan #BagiAsa.

swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)