BNI UI Half Marathon 2018 Dimeriahkan 3.600 Peserta

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara (ketiga kiri) bersama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Adi Sulistyowati (ketiga dari kanan), dan jajaran pengurus ILUNI memasuki garis Finish saat mengikuti ajang BNI-UI Half Marathon 2018 di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Minggu (15/7/2018)

Sejak pukul 04.50 WIB sebanyak 3.600 peserta BNI UI Half Marathon 2018 memenuhi halaman Balairung Rektorat Kampus UI, Depok, Jawa Barat (15/7/2018).

Untuk pengelompokkan peserta, berdasarkan kategori. Peserta diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu oleh gym partner Soul Box dan dilanjutkan dengan sosialisasi standar keamanan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pelepasan pelari dengan kategori Half Marathon atau 21 kilometer dipimpin oleh Ketua Umum ILUNI UI, Arief Budhy Hardono dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Adi Sulistyowati pukul 05.30. Lalu 20 menit berselang, kategori 10 kilometer pun ikut dilepas oleh Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. pukul 06.10 kategori 5 kilometer pun dilepas oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara

Ya, dari Balairung UI peserta memulai start berlomba lari kategori 5K, 10K, dan 21K (half marathon). Dan pukul 08.30 WIB peyerahan hadiah untuk sejumlah juara dimumkan,

BNI UI Half Marathon 2018 merupakan ajang lomba lari yang digelar atas kerja sama Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI. Kegiatan lari yang belakangan ini sedang digandrungi oleh berbagai kalangan mendorong sebagai kontribusi misi sosial dari alumni.

“Selain sebagai wadah penyalur hobi lari, kegiatan ini bertujuan menggalang dana abadi untuk almamater Universitas Indonesia sebagai kontribusi misi sosial yang digagas para alumni,” ujar Arief.

Tahun ini BNI UI Half Marathon mengusung tema The Best Half Marathon inside Campus in Indonesia. Kegiatan ini konsisten untuk memberikan pengalaman lari yang aman dan nyaman melalui lintasan lari yang hijau dan steril dari kendaraan bermotor.

Dalam sambutannya, Arief mengatakan, kegiatan lari yang sedang digandrungi oleh berbagai kalangan belakangan ini menjadikan ILUNI UI berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini. Terlebih, BNI-UI Half Marathon adalah kompetisi olahraga lari di dalam lingkungan kampus terbesar di Indonesia.

“Selain pelari dapat berlari di lingkungan kampus UI yang rindang, sejuk dan steril dari kendaraan, mereka pun ikut berkontribusi dalam misi sosial berupa dana abadi untuk UI dalam wujud BNI AM- Makara Investasi,” kata Arief.

Saat ini, lanjut Arief, kegiatan lomba yang kedua kali. Peserta dapat menikmati indah dan nyamannya lari marathon di antara 100 hektare hutan kota yang ada di UI. “Kami berharap, apa yang kami sajikan ini memberi kepuasan kepada para runner. Harapan kami, dukungan semua pihak tetap diberikan bagi kami semua untuk mengadakan acara ini setiap tahun," kata Arief.

Adi Sulistyowati yang akrat disapa Susi menuturkan, kegiatan BNI UI Half Marathon 2018 diselenggarakan sebagai salah satu bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 BNI dan menyambut perhelatan Asian Games 2018. Dukungan BNI terhadap BNI-UI Half Marathon 2018 juga ditunjukkan oleh perusahaan anaknya, yaitu BNI Life dan BNI Asset Management.

"Kami juga sudah dapat menyampaikan kabar baik ini kepada ILUNI UI maupun pihak Kampus UI, bahwa kami memastikan BNI akan memberi dukungan kembali pada pengadaan BNI-UI Half Marathon di tahun depan," kata Susi.

Dukungan ini pun menjadi kejutan bagi pihak ILUNI UI dan panitia, karena kepastian sponsor yang diberikan pihak BNI. BNI Life berkomitmen memberikan perlindungan asuransi jiwa kepada seluruh peserta BNI-UI Half Marathon selama event berlangsung dengan pertanggungan maksimal Rp 10 juta.

Ketua BNI-UI Half Marathon 2018, Irfan Ferdiasnyah, menjelaskan, jalur lari telah dipersiapkan sebaik mungkin agar pelari mendapatkan personal best mereka. “Berkaca dari antusiasme penyelenggaraan BNI-UI Half Marathon tahun lalu, tahun ini kami memaksimalkan fasilitas dan kondisi agar pelari makin nyaman dalam berlari,” kata Irfan. Ia menambahkan, total hadiah pemenang yang disiapkan adalah Rp 140 juta.

Di dalam perlombaan ini, juara dibagi berdasarkan kategori dan usia, yaitu kelompok usia di atas dan di bawah 40 tahun untuk putra dan putri masing-masing juara 1, 2 dan 3. BNI-UI Half Marathon 2018 juga menyediakan hadiah tambahan bagi pelari pria dan wanita yang berhasil memecahkan rekor Half Marathon tahun 2017.
Tidak hanya perlombaan lari, pelari juga dapat menikmati makanan dan permainan yang tersedia di Race Village dengan harga spesial Rp 72 untuk 800 orang pertama yang menggunakan Kartu Tanda Anggota ILUNI UI-BNI Tapcash. Pelari pun dihibur dengan penampilan bintang tamu The Chaplin.

Race day yang diadakan tanggal 15 Juli 2018 merupakan puncak dari rangkaian acara BNI-UI Half Marathon 2018, yang dimulai dengan konferensi pers di Gedung BNI, Road to BNI-UI Half Marathon yang diisi oleh kegiatan seperti workshop dan talkshow, serta Race Pack Collection Day yang diselenggarakan di Fx Sudirman pada 11-12 Juli 2018.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)