The Body Shop Ajak Pelanggan Dukung Penyelamatan Hutan Batang Toru

Suzy Hotumo, Executive Chairwoman The Body Shop Indonesia Suzy Hotumo, Executive Chairwoman The Body Shop Indonesia

Belum lama ini ada berita tentang diamankan satu kontainer trenggiling yang akan diselundupkan ke luar habitanya. Trenggiling merupakan satu spesies dilindungi. Selain trenggiling, orangutan dan Harimau Sumatera juga spesies lain yang terancam hidupnya karena habitatnya dirusak manusia. Inilah yang mendorong The Body Shop untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati dalam konsep bio-bridge di Hutan Batang Toru, Sumatera Utara.

Executive Chairwoman The Body Shop Indoensia, Suzy Hutomo, mengatakan, perusahaan tidak bisa diam dengan kondisi seperti ini, maka itu perusahaan harus melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan dampak besar bagi kelestarian lingkungan. “The Body Shop ingin menjadi stakeholder yang kuat dalam menjaga kelestarian lingkungan, stakeholder yang dapat memberi impact yang berkelanjutan dalam menjaga kelestarian keragaman hayati kita,” tegas Suzy.

Suzy prihatin, karena Indonesia yang dikenal dengan beragam hayati dilindungi, justru menjadi berada di posisi atas mamalianya terancam punah. “Sekitar 80 persen dari spesies dilindungi kehilangan rumah atau habitat mereka karena industri dan perkebunan,” ujarnya. Untuk itulah program ini diluncurkan, proram donasi kasir di toko-toko The Body Shop yang akan berjalan hingga 2018 dan dana korporasi dengan target Rp 2,8 miliar.

Program bio-bridge merupakan program konservasi hutan dengan cara membangun koridor antara bagian (area) hutan yang terpecah akibat eksploitasi seperti perburuan ilegal dan penebangan kayu yang tidak berlandaskan asas berkelanjutan. Program ini bertujuan untuk melindungi, memperbaiki, dan memulihkan habitat-habitat spesies hewan yang terancam punah serta membantu masyarakat setempat untuk hidup dengan baik.

Menurut Suzy, selama lebih dari 20 tahun berada di Indonesia, The Body Shop telah melakukan banyak upaya dalam penyelamatan hutan, mulai dari penanaman kembali, penyelamatan orangutan, mendukung film Sokola Rimba yang juga menyuarakan tentang kondisi nyata hutan di Indonesia dan masyarakat adat yang hidup di dalamnya. “Di 2016 ini kami melakukan komitmen besar terhadap Hutan Batang Toru di Sumatra Utara dalam periode Juli 2016 hingga akhir Desember tahun 2018. The Body Shop sama dengan Yayasan Ekosistem Lestari dan Orangutan Land Trust (OLT) yang fokus dalam mendukung pelestarian, restorasi, dan perlindungan hutan-hutan yang menjadi rumah bagi orangutan dan berbagai spesies lainnya yang terancam punah,” jelasnya.

Hutan Batang Toru memiliki tingkat keberagaman hayati yang tinggi, sayangnya, banyak dari area dataran rendah dari hutan ini telah menjadi dataran terbuka untuk pertanian dan perkebunan. Diana Kosmanto, Foundation Secretary Yayasan Ekosistem Lestari, mengatakan, Hutan Batang Toru menjadi habitat terakhir dari populasi unik paling selatan Orangutan Sumatra dengan jumlah populasi diperkirakan  600-800 ekor dan merupakan rumah bagi fauna lain yang terancam punah, seperti Harimau Sumatera, Siamang, Tapir dan Pangolin. Sebanyak 60 spesies mamalia besar tercatat hidup di Hutan Batang Toru, dengan 16 spesies diklasifikasikan sebagai terancam punah. Hutan Batang Toru juga merupakan satu-satunya tempat di dunia yang memungkinkan harimau, orangutan, dan tapir hidup di hutan yang sama.

Dana yang terkumpul dari donasi para pelanggan The Body Shop akan dipergunakan untuk mendukung pembentukan Unit Manajemen Hutan (Forest Management Unit) di Sumatera, untuk membantu melindungi populasi paling selatan dari spesies orangutan yang langka dan terancam punah serta spesies hewan lainnya yang juga terancam punah di Hutan Batang Toru. Dukungan disampaikan melalui penyisihan donasi dari setiap Christmas Gift yang terjual selama periode 10 November 2016 – 4 Januari 2017. Disampaikan dalam acara ini juga, pada Natal kali ini, The Body Shop kembali menghadirkan rangkaian limited-edition bath & body products terbaru, yaitu Frosted Berries, Vanilla Chai dan Spiced Apple dan koleksi makeup terbaru.

“Saya melihat langsung berbagai kenyataan di beberapa daerah di Indonesia, ada keresahan jujur saja terutama hutan yang kita semua ketahui banyak upaya eksploitasi hutan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Tetapi saya rasa masalah ini bisa diatasi, dengan peran serta semua pihak seperti pemerintah pusat dan setempat, pihak swasta seperti The Body Shop dengan bantuan dananya, LSM, termasuk saya yang bisa bersuara melalui media sosial, juga teman-teman di media cetak dan online,” ujar Nadine Chandrawinata, artis dan aktifis lingkungan yang hadir dalam acara ini.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)