Campaign.com Dukung Perkembangan Impact Investment di Indonesia

Konferensi virtual Sponsorship #ForChange.

Investasi dengan dampak sosial berkelanjutan atau dikenal dengan impact investment, semakin diminati oleh para investor. Laporan tahunan oleh Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) pada Oktober 2020, menunjukkan bahwa ekosistem investasi berdampak di Indonesia meraih partisipasi 66 impact investor. Selain itu, 62,6 persen dari 107 investor konvensional mulai melirik skema investasi ini.

Hal ini ditunjang dengan pemanfaatan teknologi digital yang turut memengaruhi cara masyarakat melakukan kegiatan sosial. Termasuk di Campaign.com, saat ini total Rp1,23 miliar donasi telah disalurkan oleh para sponsor kepada organizer kampanye sosial dari seluruh Indonesia. Hasil dari aksi sosial yang telah diambil para supporter di aplikasi Campaign #ForChange.

Global Impact Investing Network (GIIN) menjelaskan bahwa investasi berdampak berusaha menghasilkan dampak positif secara sosial dan lingkungan, serta terukur dan tetap memberikan keuntungan finansial. Modal digunakan untuk mengatasi permasalahan bersama dari mulai isu pertanian berkelanjutan, energi terbarukan, konservasi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Salah satu tantangan dalam skema ini adalah mengukur dampak yang dihasilkan, serta jejaring dengan organizer kampanye sosial dan penerima manfaatnya. Namun, teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk mengakomodir kebutuhan para pemberi modal untuk menciptakan dampak sosial yang mudah, efektif, serta terukur.

Campaign.com dengan aplikasi Campaign #ForChange, menghadirkan konsep sponsor yang memungkinkan lebih banyak organisasi untuk ambil bagian dalam perubahan sosial serta turut mendukung impact investment di Indonesia. Setiap calon sponsor yang ingin mendukung dapat memilih organizer dan kampanye sosial yang selaras dengan misi sosial masing-masing. Aplikasi kami telah mengumpulkan lebih dari 192.000 aksi dari para supporters, sejak peluncurannya pada tahun 2018.

Lebih dari 265 organizer kampanye sosial dari seluruh Indonesia telah bergabung. Kerja keras mereka juga mendapat dukungan berupa donasi senilai lebih dari Rp1,23 miliar dari para sponsor.

William Gondokusumo, Pendiri dan CEO Campaign.com memaparkan, “Total dari donasi yang diberikan oleh sponsor, akan disalurkan 95 persen untuk mendukung kampanye sosial oleh organizer tersebut. Tak hanya itu, donasi tersebut hanya bisa dicairkan (unlock) setelah sejumlah tantangan sosial (Challenge) berhasil diselesaikan oleh para suporter di aplikasi Campaign #ForChange. Artinya, keterlibatan seluruh pihak sangatlah penting untuk menciptakan dampak sosial bagi penerima manfaat. Kami juga menekankan pada transparansi penggunaan donasi dari sisi internal maupun organizer kampanye sosialnya.”

Sementara menurut Tamara Arista Salim, Direktur & Sekretaris Perusahaan PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein), sebagai perusahaan swasta yang bergerak di bidang reasuransi merasa perlu berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) berkaitan dengan isu sosial.

"Pada masa pandemi Covid-19, salah satu tantangan bagi perusahaan adalah bagaimana tetap menjalankan program CSR yang berkelanjutan dengan akses yang mudah dan cepat. Adanya Campaign #ForChange sebagai penghubung dan dengan konsep sponsor yang ditawarkan, menjadi alternatif solusi bagi kami untuk menjalankan program CSR tanpa harus terjun langsung ke lapangan, namun tetap dapat memantau penggunaan donasi yang diberikan,” kata Tamara.

Pada kesempatan yang sama, Unggul Ananta yang merupakan CEO Olahkarsa menuturkan, “Olahkarsa sebagai perusahaan yang fokus pada pembangunan ekosistem tanggung jawab sosial bagi perusahaan, melihat bahwa investasi berdampak sebenarnya telah berjalan di Indonesia. Ini dapat menjadi bagian dari strategi jangka panjang CSR perusahaan. Saya rasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, serta memilih mitra yang kredibel kita dapat mulai terlibat dalam skema investasi berdampak sosial.”

Donasi yang terkumpul dari aksi para suporter akan disalurkan kepada organizer melalui Yayasan Dunia Lebih Baik (YDLB). Campaign.com mengundang beragam organisasi baik perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, maupun lembaga pemerintah untuk mendukung beragam kampanye sosial dengan empat fokus isu: pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan kesetaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)