Cara Prudential Mengedukasi Literasi Keuangan

Berkomitmen pada inklusi finansial dan sebagai bentuk inisiatif dari tanggung jawab sosial perusahaan, Prudential bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Universitas Trisakti, membangun Taman Literasi Keuangan Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. “Prudential Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya perencanaan keuangan,” kata Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia.

Taman ini disediakan bagi masyarakat umum di mana pengunjung taman dapat menikmati ruang terbuka hijau yang nyaman sekaligus meningkatkan pemahamannya mengenai literasi keuangan melalui permainan edukatif. Untuk itu, terhitung sejak 22 Oktober 2016, perusahaan melalui revitalisasi taman—kini dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang pembelajaran literasi keuangan, antara lain permainan game board cha-ching, permainan mencocokkan kartu mengenai asuransi, signage tips pengelolaan uang, dan area diskusi terbuka.

Peresmian Taman Literasi Keuangan Prudential bersama Kepala Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Perwakilan Sekertaris Daerah DKI Jakarta, dan Prestasi Junior Indonesia Peresmian Taman Literasi Keuangan Prudential bersama Kepala Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Perwakilan Sekertaris Daerah DKI Jakarta, dan Prestasi Junior Indonesia

Game board cha-ching bertujuan untuk melatih individu mengelola transaksi keuangannya dengan bijak. Setiap individu akan dihadapkan pada transaksi keuangan yang harus mereka lakukan dan mencatatnya di papan catatan transaksi yang tersedia di tepi game board. Sedangkan permainan mencocokkan kartu mengenai asuransi, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum mengenai asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi dan jenis-jenis asuransi secara umum. Untuk melakukan permainan ini, individu mencocokkan pertanyaan yang berkaitan mengenai asuransi dengan jawaban yang tepat.

Ada juga 8 signage mengenai tips pengelolaan uang yang terpasang di taman agar masyarakat dapat meningkatkan pemahamannya mengenai manajemen keuangan yang bijaksana dan pentingnya mengelola uang sembari menikmati taman. Pada salah satu sudut taman terdapat juga area diskusi terbuka untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya siswa yang lokasi sekolahnya tidak jauh dari taman, yang ingin beraktifitas, berdiskusi atau belajar kelompok di taman.

Sebagai tambahan, Indonesia masih mempunyai kesenjangan perlindungan asuransi yang sangat tinggi. Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per Kuartal II 2016 baru sekitar 19 juta masyarakat Indonesia terlindungi asuransi jiwa individual dari lebih 255 juta populasi Indonesia (7,5% penetrasi dari populasi). Sebagai perusahaan asuransi jiwa, Prudential Indonesia berusaha untuk menurunkan kesenjangan perlindungan melalui berbagai inisiatif termasuk inovasi produk dan layanan, upaya peningkatan kesadaran masyarakat berasuransi (edukasi literasi keuangan) melalui berbagai program perusahan, serta dengan bekerja sama dengan pemerintah, regulator dan pemangku kepentingan lainnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)