Cara Yayasan Del Ajak Generasi Muda Melestarikan Lingkungan

Untuk membentuk sumber daya manusia Indonesia unggul dan salah satu bentuk dukungan terhadap program nasional “Gerakan Indonesia Bersih” yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun ini, Yayasan Del menyelenggarakan Kompetisi Paduan Suara Anak bertema ‘Senandung Untuk Bumi’.

Yayasan Del selama 18 tahun ini memang telah fokus mengembangkan potensi anak-anak Indonesia. Salah satunya melalui bidang pendidikan. “Anak-anak diharapkan dapat belajar banyak. Selain melatih karakter mereka dalam bekerj asama dengan anggota tim vokal,mereka pun tergerak untuk memulai peduli terhadap lingkungan melalui lagu wajib yang mereka pelajari dan mereka bawakan,” ucap Pendiri dan Pembina Yayasan Del, Devi Pandjaitan saat ditemui acara penjurian di Sopo Del Office Tower & Lifestyle, Jakarta (26/10/2019).

Dengan visi Yayasan Del yang menekankan pada bidang pendidikan, sosial dan budaya, perlombaan menampilkan 31 kelompok vokal yang
dibagi menjadi 2 kelompok kategori, yaitu kategori Children’s Choir dan kategori Folklore.

“Ada lagu wajib yang dinyanyikan di masing-masing kategori. Lagu berjudul Laut Indah Tanpa Sampah menjadi lagu wajib di kategori Children’s Choir khusus diciptakan untuk kompetisi ini. Serta ada lagu berjudul O Tano Batak sebagai lagu wajib yang harus dinyanyikan semua kelompok vokal yang ikut
dalam kategori Folklore,” jelas Intan Simanjuntak, Ketua Panitia dari Kompetisi Paduan Suara Anak ‘Senandung Untuk Bumi’.

Masing-masing peserta telah mempunyai waktu persiapan kurang lebih 4
bulan untuk mengikuti kompetisi ini. Kompetisi ini pun menggandeng Aida
Swenson sebagai Ketua Juri ini. “Lomba ini diadakan untuk mendorong anak-anak agar bisa berkarya secara positif sekaligus menjadi salah satu upaya Yayasan Del mengajak anak-anak untuk mulai menghindari
penggunaan kemasan plastik dalam keseharian mereka,” ungkapnya.

Lagu wajib khusus berjudul “Laut Indah Tanpa Sampah” diciptakan oleh Arnoldus Isaak Apituley, untuk kategori Children’s Choir menceritakan tentang keindahan lautan Indonesia yang memiliki potensi wisata yang luar biasa namun tak terjaga dengan baik karena adanya pencemaran lingkungan.

Di akhir acara, Devi menambahkan bahwa rasa cinta pada lingkungan haruslah ditumbuhkan sejak dini. Untuk itulah tema ‘Senandung Untuk Bumi’ kali ini cocok untuk mendidik generasi muda agar menjaga lingkungan kita. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar.

“Kompetisi serupa akan menjadi agenda dwi tahunan Yayasan Del dan diharapkan Yayasan Del dapat terus memberi sumbangsihnya terhadap perkembangan karakter anak bangsa,” Devi menuturkan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)