Casio Dukung Perkembangan Pembelajaran Online Saat Pandemi

Untuk mendukung perkembangan pembelajaran online, Casio Singapore Pte Ltd. Jakarta Representative Office mendonasikan 100 buah kalkulator ilmiah kepada Dinas Pendidikan Jakarta. Chief Representative dari Casio Singapore Pte Ltd. Jakarta Representative Office, Kimura mengatakan, sebagai dukungan Casio untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia,  pihaknya pun telah mengadakan banyak program pelatihan untuk para pengajar matematika secara tatap muka dan online.

“Kami  berjalan bersama para guru untuk terus mengembangkan materi pembelajaran inovatif yang didasari pada kemajuan teknologi kalkulator ilmiah. Sebagai ibukota dari Indonesia, Jakarta merupakan kota di mana sistem serta lingkungan pendidikannya terus berkembang secara cepat. Kami berharap donasi kalkulator ilmiah ini bisa membantu pembentukan lingkungan pembelajaran yang kian berkembang, terutama dalam era di mana murid-murid harus belajar dari rumah secara online dikarenakan pandemi COVID-19,” kata Kimura.

Selain itu, manajemen Casio berharap kepada para guru untuk dapat menggunakan kemudahan teknologi yang ada di kalkulator ilmiah Classwiz seperti fitur spreadsheet dan fitur QR code dalam rangka mengembangkan cara pengajaran yang efektif dan menarik, serta kepada para murid agar bisa menggunakan kalkulator ilmiah sebagai salah satu sarana mencari cara yang menyenangkan untuk memecahkan soal-soal dan tantangan yang ditemui. Bukan hanya dari segi peningkatan kemampuan matematika para murid, Casio juga akan terus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jakarta dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis yang menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para murid di era saat ini dan yang akan datang.

Menanggapi hal ini, Kepala Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan Jakarta, Soni berkomentar, dukungan Casio untuk program yang telah diadakan pengembangan kemampuan guru-guru  dan donasi kalkulator ilmiah ini sebagai bentuk dukungan Casio untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Sementara itu, Khoir, staf Hubungan Masyarakat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika DKI Jakarta, menambahkan, kalkulator ilmiah ClassWiz ini akan membantu para guru dalam membimbing murid-muridnya. Saya juga berharap agar semakin banyak guru matematika bisa bergabung dalam program pelatihan online supaya mereka dapat memanfaatkan fitur-fitur dan teknologi canggih yang terdapat di dalam kalkulator ilmiah ini secara efektif demi meningkatkan kualitas lingkungan pengajaran di sekitar mereka.  “Selain itu, saya berharap kalkulator ilmiah ini dapat digunakan sebagai alat pembantu dalam pencanangan program ‘Asesmen Kemampuan Minimum’ pada tahun 2021 yang menitikberatkan peningkatan kualitas guru demi terwujudnya tujuan akhir daripada program ini dimana murid-murid bisa terus meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka,” jelasnya.

Iman, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika DKI Jakarta, menambahkan, dengan donasi kalkulator ilmiah Casio yang penuh dengan fitur-fitur serta teknologi canggih ini dapat membantu proses belajar-mengajar terutama di lingkungan dengan infrastruktur internet yang kurang mendukung serta untuk memudahkan para murid dan para guru dalam memecahkan soal-soal yang sulit.

“Dengan adanya fitur-fitur dan teknologi canggih seperti QR code dalam kalkulator ilmiah ClassWiz dari Casio ini, saya harap para guru dan para murid dapat membagikan cara penyelesaian soal yang mereka kerjakan kepada seluruh kelas melalui layar yang besar demi terus mengembangkan kualitas lingkungan pengajaran di tempat tersebut,” ujar dia.

Iman berharap para murid dapat menggunakan kalkulator ilmiah untuk tidak hanya membantu mereka memecahkan soal, tapi juga untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk memecahkan soal tersebut dalam hal bagaimana caranya memecahkan soal tersebut dengan lebih efektif dan efisien, yang mana proses berpikir ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka.

Casio juga telah berkolaborasi dengan YouTuber bernama Jerome Polin, seorang murid dari jurusan Matematika Aplikasi, fakultas Sains dan Teknologi Universitas Waseda untuk memperkenalkan dan mengajak murid-murid menggunakan kalkulator ilmiah. Adapun tujuannya adalah supaya murid-murid dapat belajar secara menyenangkan dan efektif di tengah pandemi COVID-19.  Jerome  dan timnya  juga membuat video battle matematika di channel Youtube-nya agar dapat menemani serta menginspirasi murid-murid di Indonesia dalam mengerjakan soal-soal matematika.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)