Chandra Asri Donasikan Ribuan Alat Rapid Test dan Masker

Perusahaan petrokimia, Chandra Asri Petrochemical, mendonasikan 20.000 alat rapid test COVID-19, 14.000 masker operasi, dan 20.000 masker N95 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Proses pengadaan alat tes ini dilakukan bekerja sama dengan Yayasan Satu Hati Berbakti di Jakarta.

Erwin Ciputra, Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical, berharap, dengan tambahan alat tes ini dapat memitigasi penyebaran wabah dan mengurangi jumlah kasus positif.

“Kami mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam situasi seperti merebaknya Covid-19 ini. Kami turut prihatin terutama untuk mereka dan keluarganya yang terkena dampak dari wabah ini," seperti yang dikutip dari keterangan resmi perusahaan di Jakarta, (26/03/2020).

Erwin mengungkapkan, sebagian dari alat tes tersebut akan diserahkan kepada beberapa rumah sakit di area Banten. Sebanyak 500 alat tes akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang, dan 500 lagi akan diserahkan RSUD Serang dan RS Krakatau Medika di Cilegon.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan pada 25 Maret 2020, Indonesia memiliki 790 kasus positif Covid-19. Kata Erwin, Chandra Asri juga mengikuti himbauan dari pemerintah untuk mengimplementasikan jarak sosial (social distancing) dan kebijakan kerja dari rumah untuk menjamin keamanan dan kesehatan para karyawan.

Selain Chandra Asri, beberapa perusahaan lain juga turut mendukung dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran COVID-19. Misalnya, BCA bersama dengan Benihbaik.com dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, mendukung ketersediaan peralatan perawatan yang dibutuhkan para pasien dan tenaga kesehatan yang saat ini sedang berjuang keras sebagai garda terdepan.

Adapun bantuan alat medis untuk tenaga kesehatan meliputi sejumlah Alat Pelindung Diri, Rapid Diagnostic Test, Reagen PCR, Virus Transfer Media, Nasal Swab Dacron, dan Ventilator.

Adapula Kalbe yang memberikan bantuan dalam bentuk kebutuhan dan peralatan kesehatan di antaranya, peralatan dan perlengkapan kesehatan seperti masker, rapid test, alat pelindung , hand sanitizer, fasilitas laboratorium untuk pengujian COVID-19 dengan Polymerase Chain Reaction (PCR), produk vitamin dan nutrisi, dan menyediakan layanan informasi dan konsultasi kesehatan melalui Klikdokter.

Bantuan senilai Rp 20 miliar juga diserahkan PT Adaro Energy Tbk untuk meningkatkan semangat kerja sekaligus melindungi pahlawan tenaga medis, yaitu para dokter, perawat hingga anggota TNI yang menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona. Selain itu, dialokasikan juga untuk penyediaan mobil khusus yang akan membantu mobilisasi para pasien atau masyarakat yang terpapar virus berbahaya ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)