CI Gandeng Komika Kampanyekan Pelestarian Satwa Liar

Lembaga nirlaba yang berfokus pada isu konservasi sumberdaya alam, Conservation Internationa (CI) meluncurkan strategi baru untuk berkampanye. Kali ini CI menggandeng Pandji Pragiwaksono, seorang komika sekaligus penggagas ‘Juru Bicara World Tour’. Menurut Iman Santoso, Senior Terrestrial Policy Advisor CI Indonesia, pihaknya sengaja menggandeng Pandji agar nantinya kampanye dapat dikemas dalam standup comedy roadshow ke sejumlah kota di Indonesia dan negara-negara di dunia dengan mengangkat topik-topik yang mengedukasi masyarakat, salah satunya mengenai keragaman satwa Indonesia.

Jpeg

“Kami berharap dengan dikemas dalam standup comedy,  masyarakat akan lebih mudah memahami dan peduli dengan isu-isu lingkungan hidup di sekitar mereka,” ungkap Iman. Saat ini, menurut Iman, terdapat ancaman yang besar terhadap kelestarian satwa di Indonesia, termasuk perdagangan satwa ilegal, perburuan liar, dan sebagainya. Tahun 2015, terdapat sekitar 5.000 kasus perdagangan satwa liar melalui media online.

“Ancaman terhadap kelestarian satwa dan habitatnya di Indonesia buat saya langsung setuju saat CI mengajak saya ikut dalam kampanye ini,” ujar Pandji. Rencananya, selain lewat standup comedy, Pandji juga akan menyampaikan pesan-pesan pelestarian lingkungan hidup dengan menjadi pengisi suara dalam film pendek ‘Alam Berbicara’. Dalam film tersebut Pandji akan mengisi suara hutan tropis, hutan yang berbicara kepada manusia.

Iman dan Pandji berharap agar pesan yang disampaikan melalui bentuk komedi ini bisa membangun kesadaran pentingnya menjaga kelestarian satwa di Indonesia, dan satwa di dunia. “Nanti saya akan mengajak semua teman-teman komika dan mereka akan tampil di kota asalnya masing-masing agar materinya bisa disampaikan dengan bahasa lokal setempat jadi lebih masuk ke masyrakatnya,” jelas Pandji.

Pandji sendiri sudah membawa pertunjukan ‘Juru Bicara World Tour’ ini ke 24 kota di 5 benua dunia. Materi yang dibawakan dalam setiap pertunjukkannya bertujuan untuk membangun citra Indonesia yang lebih baik di mata dunia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)