CIMB Niaga Ajak Kolaborasi Mitigasi Perubahan Iklim

(ki-ka) Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan bersama Ketua B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani, dan Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei.

PT Bank CIMB Niaga Tbk menggelar The Cooler Earth Sustainability Summit di Jakarta, sebagai rangkaian acara yang diinisiasi oleh CIMB Group di Malaysia pada tanggal 20-24 September 2022.

Selain di Indonesia dan Malaysia, acara ini juga diselenggarakan di Singapura, Thailand, dan Kamboja. Kegiatan ini membawa misi berkelanjutan untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif dalam membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni.

Ajang sustainability tersebut dilaksanakan secara hybrid untuk mempertemukan para pakar dan pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk berdiskusi guna menciptakan masa depan berkelanjutan, memastikan solusi iklim, serta cetak biru pembangunan sosial yang inklusif, adil, dan merata.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan, perubahan iklim merupakan masalah global yang harus diatasi bersama oleh semua pemangku kepentingan. Indonesia sebagai negara yang meratifikasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim telah menetapkan target nasional pengurangan emisi atau Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2030, transisi menuju ekonomi rendah karbon, dan tujuan nol emisi (net zero) pada tahun 2060.

”Sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia, perbankan juga memiliki tanggung jawab dalam memitigasi perubahan iklim. Oleh karena itu, CIMB Niaga mengajak para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi, bertransformasi, dan melakukan transisi, yaitu transisi yang berkeadilan atau just transition. Hal ini berarti menghijaukan ekonomi dengan cara yang seadil dan seinklusif mungkin bagi semua pihak tanpa meninggalkan siapapun,” kata Lani di Jakarta, (21/9/2022).

Pada kesempatan yang sama Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, “CIMB Niaga mendukung transisi yang berkeadilan dengan membangun ekosistem pembiayaan berkelanjutan yang mampu meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari aspek keberlanjutan. Strategi ini dijalankan melalui dialog yang efektif dengan para nasabah, sehingga perjalanan keberlanjutan dilakukan bersama-sama antara bank dan nasabah atau left no one behind,” ujar Fransiska.

Selain konferensi, CIMB Niaga juga menyelenggarakan Penanaman Bambu di Lombok bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI), pada 24 September 2022. Inisiatif konservasi bambu dilakukan CIMB Niaga bersama KEHATI sejak 2012. Bambu diniliai memiliki manfaat yang besar baik secara ekologis maupun ekonomis.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)