Citi Indonesia - AJI Peduli Literasi Keuangan Digital untuk Jurnalis

Citi Indonesia menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia untuk menggelar “Master Class Program : Digital Financial Literacy untuk para jurnalis. Program pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman para jurnalis terhadap dunia ekonomi dan bisnis, khususnya perbankan serta teknologi, sehingga mampu mendorong tumbuhnya liputan media yang berkualitas dan mendalam.

Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia, mengatakan, pihaknya mendukung pemenuhan kompetensi jurnalis dalam menghadapi era digital, terutama guna memberikan edukasi mendalam dan komprehensif terkait digital banking dan digital financial.

“Melalui kerja sama ini saya berharap kegiatan ini mampu menjadi wadah untuk membekali para jurnalis dengan kemampuan hard skill maupun soft skill yang mumpuni, hingga dapat menjadi agen penebar informasi yang terpercaya, edukatif dan beretika,” ujarnya.

Citi Indonesia menghadirkan program edukasi dan literasi finansial yang selaras dengan program Pemerintah dan OJK, yaitu Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Melalui reportase dan tulisan yang nantinya dibuat oleh para peserta program, diharapkan masyarakat dapat memilih dan memanfaatkan produk serta layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik.

Suwarjono, Ketua Umum AJI Indonesia, berharap melalui jalinan kerja sama dengan Citi Indonesia berupa pelatihan, mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan reportasenya dalam pemberitaan seputar ekonomi, bisnis, teknologi, dan lainnya. “Berita dari industri keuangan baik mengenai perbankan, investasi, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, merupakan pengetahuan khusus yang harus dikuasai jurnalis, agar dapat menghasilkan laporan jurnalistik yang akurat dan dipercaya publik,” jelasnya.

AJI peduli terhadap perkembangan teknologi, khususnya jurnalisme berbasis digital. Ini dilakukan dengan mendorong pertumbuhan media baru yang berbasis digital dibarengi dengan isi yang memenuhi standar etika jurnalistik, berupa liputan mendalam dan mencerahkan. Hal inilah yang menjadikan AJI terus melakukan program-program peningkatan kapasitas jurnalis di Indonesia.

Adapun modul program yang dirancang Citi Indonesia dan AJI dengan fokus pembelajaran mulai dari financial technology, digital banking, e-commerce, venture capital, trade financing, e-tax dan lainnya. Untuk mengikuti kegiatan ini, peserta bisa mendaftar melalui website AJI dan mengikuti proses seleksi. Dua puluh jurnalis yang terpilih akan mengikuti akan serangkaian kegiatan ini, termasuk di dalamnya proses mentoring, pembuatan berita hingga pada puncak kegiatan diadakan Jurnalistic Awards.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)