Citi Indonesia Beri Edukasi “Digital Financial Literacy for Children”

Citi Indonesia melalui payung kegiatan kemasyarakatannya, Citi Peka (Peduli dan BerKarya), bersama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) memperkenalkan program “Digital Financial Literacy for Children” bagi siswa sekolah dasar kelas 3, 4, dan 5  di Indonesia. Program ini memiliki tujuan untuk mendorong para siswa agar mengerti akan literasi digital yang terkait dengan industri keuangan, terutama perbankan.

Program ini akan berlangsung hingga hingga Juli 2017 dengan melibatkan sekitar 2.244 siswa di 7 sekolah yang mencakup 4 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Bandung. Para siswa akan diberikan pengetahuan mengenai pentingnya menabung, memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, mengenali metode pembayaran yang tersedia di pasar yakni baik tunai, kredit maupun debit, serta mempelajari pengetahuan kewirausahaan tingkat dasar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif melalui gawai. Citi Indonesia membekali setiap kelompok siswa yang terlibat dengan satu gawai, sehingga mereka dapat belajar secara interaktif dan menumbuhkan kerja sama tim yang baik.

Elvera N. Makki, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia, mengatakan, program ini  diluncurkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai ke arah yang positif.  “Derasnya arus informasi melalui gadget dan smartphone yang dapat dengan mudah diakses melalui koneksi internet semakin sulit untuk dibendung, termasuk bagi anak-anak yang sudah terpapar dengan penggunaan gawai, apakah untuk bermain games maupun menonton berbagai video. Program ini diluncurkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai ke arah yang positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman, komprehensif dan menyenangkan bagi anak-anak,“ ujarnya.

Terdapat 3 modul yang digunakan dalam kegiatan, dengan tema “Keluarga kami”, “Daerah Kami” dan “Kota Kami” ini. Pada masing-masing modul, pelajaran untuk individu telah diselaraskan dengan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia, termasuk di dalamnya adalah konten dan kegiatan yang berkaitan dengan perbankan, bisnis, karir, komunikasi, pembangunan ekonomi, uang, produsen dan konsumen, sumber daya, pasokan dan permintaan. Beberapa bankir muda yang tergabung dalam Citi Volunteers turut terlibat di dalam kelas untuk membantu siswa menyelesaikan modul melalui gawai.

Sejalan dengan itu, Rob Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia (PJI), berharap program ini dapat menghaslkan generasi yang mampu menggerakkan industri keuangan Indonesia lebih maju. “Kami berterimakasih dan senang sekali atas jalinan kemitraan bersama Citi Indonesia dalam membangun dasar pemahaman literasi keuangan terutama di era digital bagi siswa Sekolah Dasar. Kedepannya diharapkan mereka menjadi generasi yang mampu menggerakkan industri keuangan Indonesia menjadi lebih maju,” ungkap Rob.

Selain itu, pada edukasi keuangan “Digital Financial Literacy for Children”, Citi Indonesia menghadirkan psikolog anak, Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHPED yang berbagi informasi mengenai kiat mendidik anak di era digital kepada Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SD 06 Tanjung Duren, Jakarta Barat.

“Salah satu cara memberikan pendidikan kepada anak di era digitalisasi adalah dengan melakukan pendampingan agar mereka dapat meraih manfaat dari perangkat canggih yang digunakan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, anak dapat belajar banyak hal, bukan hanya terkait pelajaran di sekolah, namun juga pemahaman lebih mengenai pengelolaan keuangan,” jelas Rosdiana.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Mini Indonesia Luncurkan Mini Cooper Countryman

BMW Group yang merupakan induk perusahaan Mini Indonesia baru saja meluncurkan Mini Countryman generasi terbaru, hari ini (6/4). Bertempat di...

Close