Citi Indonesia Galakkan Edukasi Literasi Keuangan

Menurut data tahun 2013 yang dihasilkan oleh gabungan survei dari berbagai lembaga seperti Bank Dunia, tingkat literasi keuangan di Indonesia masih sangat rendah, yakni sebesar 20%. Angka tersebut merupakan angka terendah di ASEAN.

Menanggapi hal tersebut, Citi Indonesia melalui Citi Peka kembali menggulirkan program pendidikan keuangan dini untuk pelajar sekolah dasar (SD) sebagai bentuk dukungan terhadap program pendidikan keuangan dini untuk pelajar sekolah dasar sebagai bentuk dukungan terhadap program peningkatan literasi keuangan nasional milik pemerintah.

Citibank literacy

Berbeda dengan kemasan pendidikan keuangan lainnya, Citi Indonesia melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya), bekerja sama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) dan Teater Koma untuk memberikan pendidikan keuangan dalam bentuk pertunjukan teater yang bersifat menghibur, interaktif, dan edukatif.

“Pembekalan pendidikan keuangan ke berbagai lapisan masyarakat merupakan salah satu komitmen dari Citi Indonesia,” pungkas Tigor M. Siahaan, Citi Country Officer Indonesia. Tigor menambahkan bahwa program pendidikan keuangan dini ini juga selaras dengan kampanye pendidikan keuangan ‘Ayo ke Bank’ dan ‘Tabunganku yang sedang digalakkan oleh Bank Indonesia.

Sementara itu, terkait kegiatan CSR ini Agung Laksamana, Director Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, yang ditemui saat pertunjukkan Agen Penny di Museum Nasional, mengungkapkan bahwa selain mendukung program pemerintah Citi fokus dalam literasi keuangan dan dana telah dikeluarkan pada tahun 2013 sejumlah 860 ribu US$. “Citi sudah mengeluarkan 6 juta US$ sejak 2004 dalam program yang fokus dalam pendidikan keuangan”, imbuh Agung.

Berbeda dengan konsep bank lain, dana CSR yang ada dalam sistem Citi Bank diatur oleh Citi Foundation dari pusat di New York. Untuk dana CSR 2014, Agung belum mau mengungkapkan kisaran pastinya namun Ia mengatakan bahwa tentunya mengalami kenaikan dari tahun sebelumnnya.

Program CSR lain yang ditawarkan Citi yaitu student company dan program umum. Student company merupakan program yang melibatkan beberapa SMK di Surabaya. Program ini bertujuan untuk memberi gambaran langsung kepada anak SMK keadaan di lapangan mengenai literasi keuangan. Nantinya setiap siswa akan mengetahui peran-peran yang berada dalam proses keuangan.

Kemudian, program untuk umum difokuskan kepada wanita dengan usia 40 tahun ke atas. Guna membantu wanita usia atas dalam mengenal literasi keuangan, Citi memberikan modul yang diharapkan mampu mengentas ketidaktahuan dalam literasi keuangan.

“Citi Indonesia akan terus melanjutkan kerja sama dengan mitra-mitra strategis untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari program pendidikan keuangan yang selama ini sudah berjalan. Semoga komitmen Citi dalam pendidikan keuangan dapat membantu meningkatkan literasi keuangan di Indonesia”, tutup Tigor.

Sebagai informasi, Citi Peka merupakan perwakilan Citi Indonesia untuk seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia yang didanai oleh Citi Foundation. Program kemasyarakatan ini juga turut melibatkan karyawan Citi Indonesia sebagai relawan. Program Citi Peka dilaksanakan secara jangka panjang, dan bertujuan untuk mendorong masyarakat sipil untuk membangun dan memperkuat program pendidikan kemasyarakatan. (Indah Pertiwi)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)