Citi Salurkan Dana Hibah US$850 Ribu

Citi Indonesia melalui payung program sosial Citi Peka mengumumkan penyerahan dana hibah senilai US$ 850 ribu dari Citi Foundation kepada tiga organisasi nirlaba, yaitu UNESCO, Prestasi Junior Indonesia, dan Mercy Corps Indonesia, di Jakarta, Selasa (8/11). Dana tersebut dimanfaatkan untuk mendukung implementasi program sosial kemasyarakatan periode 2016-2017 yang berfokus pada literasi keuangan, kesempatan ekonomi bagi generasi muda, serta pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha mikro dan institusi keuangan mikro.

Citi Peka

Kusumaningtuti S. Soetiono, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, mengatakan, Citi Indonesia menunjukkan keseriusannya menjadi sahabat keuangan bagi masyarakat. “Menyasar lintas generasi untuk program literasi keuangan, serta menggelar kompetisi kewirausahaan mikro, merupakan langkah yang tepat dilakukan untuk memperkuat masyarakat yang cerdas finansial, mandiri secara ekonomi serta memupuk daya juang yang tinggi untuk kesejahteraan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta (8/11).

Di Indonesia, lanjutnya, pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN, pertumbuhan jumlah wirausahawan masih menjadi tantangan yang harus dijawab dengan inisiatif dari berbagai pihak, termasuk pelaku industri keuangan. OJK berharap wujud tanggung jawab sosial Citi Indonesia ini akan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan perekonomian nasional.

Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia, dalam pidatonya mengatakan, “Citi Indonesia juga aktif berkontribusi meningkatkan pemahaman keuangan serta membantu memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik kepada masyarakat di Indonesia melalui beragam program kemasyarakatan yang kami inisiasi.”

Hingga kini, dana hibah yang disalurkan Citi Peka telah mencapai US$ 10 juta. “Penyaluran dana ini dilakukan secara berkala setiap tahun melalui program yang direncanakan secara matang dan terstruktur agar memberikan dampak optimal bagi penerima manfaat,” ujar Elvera N. Makki, Country Head Corporate Affairs, Citi Indonesia.

“Selama 18 tahun, kami telah bekerja sama dengan 56 lembaga mitra pelaksana serta menggerakkan 34 program kemasyarakatan di Indonesia. Prinsip lebih dari Filantropi untuk Indonesia yang diusung, tercermin dari beragam program yang dijalankan, dimana para penerima manfaat bukan hanya mendapat bantuan berupa dana, tetapi juga dibekali dengan kompetensi dan keahlian yang dapat mereka gunakan sebagai modal untuk mendorong kemajuan dan mendukung kesempatan ekonomi yang lebih baik,” lanjut Vera.

Bersinergi dengan UNESCO, Citi Peka akan memusatkan kegiatan penguatan generasi muda di lokasi dengan nilai warisan budaya yang tinggi, yaitu di lima titik  di Indonesia (Danau Toba/Samosir, Borobudur, Prambanan, Klaten, dan Yogyakarta).

Memperkenalkan sejak dini tentang konsep keuangan kepada anak-anak dan siswa SMA, Citi menggandeng Prestasi Junior Indonesia dalam menjalankan program ‘Agen Penny’ dan ‘Student Company’.

Guna mendukung semangat kewirausahaan, Merci Corp melanjutkan program tahunan ‘Citi Microentrepreneurship Awards’, serta program ‘FEED Mobile’ (Financial Education & Empowerment Goes Digital and Mobile) sebagai bentuk dukungan terhadap transformasi perkotaan.

“Digitalisasi merupakan tren yang menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis Citi, termasuk dalam program sosial kemasyarakatan Citi Peka, yaitu dengan mengimplementasikan Digital Financial Literacy dalam program kami,“ kata Vera.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)