Citi Salurkan US$725 Ribu untuk Pemberdayaan Kaum Muda

Penyerahan dana hibah secara simbolis diberikan oleh CEO Citi Indonesia Batara Sianturi (ketiga dari kanan)

Citi Indonesia melalui program Citi peduli dan Berkarya (Citi Peka) menyalurkan dana hibah kepada 3 organisasi nirlaba sebesar US$725 ribu.

Tiga organisasi nirlaba terpilih yaitu, Indonesia Business Links, Mercy Corps Indonesia, dan Prestasi Junior Indonesia. Dana ini akan digunakan untuk melaksanakan program CSR periode 2017-2018 yang akan berfokus pada literasi keuangan, kesempatan ekonomi bagi generasi muda, serta pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha mikro dan institusi keuangan mikro.

CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi, memaparkan, keberadaan Citi Indonesia selama lebih dari 200 tahun di dunia telah mengasah kepekaan perusahaan terhadap situasi sosial dan ekonomi di dunia, termasuk di Indonesia.”Kesuksesan institusi harus selaras dengan kemajuan masyarakat dimana kita bekerja dan berkarya dengan mendukung dan menjalin kolaborasi untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial dan ekonomi,” ujar nya di Jakarta (19/09/2017 ).

Selaras dengan Batara, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki, menjelaskan, fokus kegiataan CSR perusahaan di Indonesia adalah inklusi keuangan dan youth economic opportunity. “Kami memiliki program Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) yang fokusnya adalah penguatan dan pemberian penghargaan kepada pelaku usaha mikro dan lembaga keuangan mikro sebagai penggerak roda perekonomian dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata dia.

Hingga kini dana hibah yang telah disalurkan mencapai lebih dari US$10 juta ke lebih dari 1 juta penerima manfaat. Dalam satu tahun ke depan, perusahaan akan menggandeng 3 organisasi nirlaba dengan tujuan membekali generasi muda untuk mendapatkan kesempatan ekonomi dan bisa bersaing di era global. 4 program yang akan dijalankan adalah Citi Microentrepreneurship Awards (CMA), Youth Sociopreneurship, Digital Financial Literacy for Children dan Skilled Youth Program.

Untuk program Citi Microentrepreneurship Awards, perusahaan telah menjaring lebih dari 5.000 pelaku usaha mikro dan memberikan penghargaan kepada lebih dari 100 pengusaha dalam kurun 12 tahun ini. Dengan total dana yang diberikan mencapai US$1,1 juta.

Selain itu, untuk menjalankan program Youth Sociopreneurship dan Digital Financial Literacy for Children, perusahaan menggandeng Prestasi Junior Indonesia untuk memberikan pembekalan kepada 7.500 siswa SMU dan SMK guna menghadapai kesiapan kerja dan meningkatkan penghasilan di bidang wirausaha. Program Digital Financial Literacy for Children juga dilaksanakan dengan melibatkan 2.244 siswa di 7 SD di 4 kota besar di Indonesia yaitu, Jakarta, Tanggerang, Surabaya, dan Bandung. Melalui program tersebut, siswa dibekali pengetahuan dengan pendekatan digital untuk mengetahui pentingnya menabung, membedakan kebutuhan dan keinginan, mengenali metode pembayaran, serta mempelajari pengetahauan kewirausahawan.

Program social kemasyarakatan lainnya yaitu Skilled Youth Program merupakan program pemberdayaan generasi muda di wilayah Bekasi, dan Karawang. Program ini akan berjalan selama 1 tahun dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan mendorong generasi muda untuk menjadi karyawan maupun wirausahawan.

Targetnya, 70% peserta akan dapat bekerja di beragam posisi yang tersedia dan 30% lainnya dapat menjalankan bisnis baru. Citi Indonesia juga menjalin kerjasama dengan Unesco untuk menggagas kegiatan Pemetaan Industri Kreatif dan Budaya di Toba, Sumatera Utara untuk mengidentifikasi 100 pemuda berusia 12-25 tahun yang memiliki potensi dalam pengembangan industri kreatif, budaya, dan pariwisata.

Batara berharap program kolaborasi dengan nirlaba yang akan dijalankan ini akan dapat menjadi motor penggerak terciptanya generasi muda yang melek finasial dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi dan dapat memberikan dampak kepada bangsa Indonesia.

Sementara itu, Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anggar B. Nuraini, mengapresiasi program-program yang akan di jalankan oleh Citi Indonesia. Dia bilang, pelaksanaan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat sangat diperlukan dan memiliki tujuan jangka panjang bagi seluruh golongan masyarakat, termasuk generasi muda. Masyarakat harus paham manfaat dan resiko, serta mengetahui hak dan kewajibannya. Melalui kegiatan ini, Citi Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam membantu masyarakat untuk melek finansial, terutama generasi muda.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)