Coca-Cola Kumpulkan 29 Juta Kg Sampah

Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver menggelar Bali’s Big Eco Weekend 2015 untuk menjaga pantai-pantai di Bali tetap bersih dan aman. Mereka juga mengundang masyarakat setempat, perwakilan dari pemerintah lokal, turis, dan para pelaku industri di Bali untuk berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan sampah di Bali. Jumlah sampah yang terkumpul telah mencapai 29 juta kilogram, hingga Juli 2015.

Ini adalah kegiatan tahunan Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver sebagai kilas balik dari kegiatan rutin harian Bali Beach Clean Up. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran publik akan tantangan lingkungan yang dihadapi Bali, sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia. Kegiatan ini juga akan menggerakkan lebih banyak dukungan bagi program ‘Clean and Green Bali’ yang diusung pemerintah setempat.

“Program ini berlangsung sejak 2007 bekerjasama dengan Quiksilver, pemerintah Bali, serta masyarakat setempat. Meskipun kegiatan Bali Beach Clean Up (BBCU) telah berdampak positif, melalui Bali’s Big Eco Weekend kami ingin melanjutkan upaya untuk meningkatkan dukungan dalam meningkatkan kepedulian akan ekosistem Bali,” ujar Kadir Gunduz, President Director Coca-Cola Amatil Indonesia dalam rilisnya.

pdj47_MG_1875

Ini merupakan tahun ke-8 Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver mewujudkan komitmennya untuk menjaga pantai-pantai di Bali tetap bersih dan aman. Sejak tahun 2007, Bali Beach Clean Up (BBCU) memberdayakan masyarakat setempat dengan mempekerjakan 78 penduduk lokal dan membekali mereka dengan pelatihan mengenai pengelolaan sampah dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sebagai garda depan, para pekerja BBCU ini membersihkan lima pantai di Bali (Jimbaran, Legian, Kuta, Seminyak, dan Kedonganan) setiap harinya dengan menggunakan fasilitas kebersihan dari Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver, antara lain 3 surf rake, 3 truk sampah, 4 traktor, dan sedikitnya 150 tempat sampah baru setiap tahunnya.

“Kami bangga dengan kolaborasi yang telah berjalan baik selama 8 tahun. Hal ini memperkuat komitmen dan keterlibatan Quiksilver dalam mendukung konservasi lingkungan agar pantai-pantai di Bali tetap bersih dan aman,” ujar Paul Hudson, General Manager Quiksilver South Pacific.

Menurut dia, Quiksilver memiliki atlet global yaitu juara dunia Mark Richards (4X World Champion), Tom Carroll (2X World Champion), Jake Paterson, Matt Hoy, Kelia Moniz (2X Longboarding World Champion), and Torah Bright (Olympic Gold Medallist) bergabung dalam Bali’s Big Eco Weekend tahun ini. Mereka turut membersihkan Pantai Jimbaran, Legian, dan Uluwatu bersama seluruh partisipan sebagai inti dari Bali’s Big Eco Weekend 2015.

Pada tahun 2010, Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver membangun Kuta Beach Sea Turtle Conservation (KBSTC) sebagai komitmen untuk menjaga ekosistem pantai. Sejak saat itu, jumlah telur yang menetas meningkat secara signifikan dari 1.947 telur selama 6 tahun (2002-2008) menjadi 122.230 telur selama 6 tahun berikutnya (2009-2015). Para pengunjung Bali’s Big Eco Weekend turut berpartisipasi dalam pelepasan sekitar 1.000 tukik kembali ke habitatnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)