Danamon Peduli Salurkan Bantuan ke 10.000 Orang Korban Bencana

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam yang terjadi sejak awal tahun 2014, Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli telah melaksanakan serangkaian aksi tanggap bencana di berbagai daerah. Aksi kepedulian ini disalurkan melalui Program Cepat Tanggap Bencana (CTB) yaitu salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Danamon yang bertujuan memberikan bantuan pertama kepada masyarakat umum korban bencana.

danamon peduli CSR

Dalam pelaksanaannya, Yayasan Danamon Peduli bekerja sama dengan seluruh cabang dan unit usaha yang berada di bawah jaringan Danamon dan anak  perusahaan yaitu Adira Finance, Adira Insurance, dan Adira Kredit yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, sehingga secara cepat dan tanggap bantuan dapat segera disalurkan kepada yang membutuhkan di mana pun bencana terjadi.

Dari bulan Januari hingga 18 Februari 2014, bantuan sekitar Rp 231 juta telah disalurkan kepada sekitar 10 ribu jiwa korban bencana melalui 434 relawan yang merupakan karyawan dari 21 cabang Danamon dan unit Danamon Simpan Pinjam. Bantuan tersebut disalurkan antara lain untuk para korban banjir di Kudus, Jakarta, Manado, Pati, Jember, dan Karawang; korban kebakaran pasar di Balikpapan; korban erupsi Gunung Sinabung di Kabanjahe dan Karo; serta korban erupsi Gunung Kelud di Kediri dan Malang.

Bonaria Siahaan, Executive Director Yayasan Danamon Peduli, menjelaskan, “Dana bantuan yang disalurkan ini berasal dari anggaran tahunan Yayasan Danamon Peduli dan donasi karyawan Danamon beserta ketiga anak perusahaannya. Seluruh dana digunakan untuk penyediaan pemenuhan kebutuhan pokok korban bencana khususnya yang berada di lokasi pengungsian, seperti makanan siap saji, air bersih, makanan bayi, obat-obatan, dan berbagai perlengkapan dasar pengungsian lainnya.”

Pengumpulan donasi ini merupakan aksi kepedulian dan solidaritas keluarga besar Danamon atas musibah yang menimpa para korban bencana alam di tanah air. Hingga 31 Maret 2014, Yayasan Danamon Peduli memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan Danamon, Adira Finance, Adira Insurance, dan Adira Kredit yang ingin menyalurkan donasi melalui rekening yang khusus dibuka untuk program CTB tersebut. Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan dana yang diterima, Yayasan Danamon Peduli melaporkan secara berkala melalui situs resmi yang dapat diakses di http://danamonpeduli.org/laporan-donasi dan akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.

Selain itu, guna memastikan bantuan dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat yang membutuhkan, Yayasan Danamon Peduli juga menjalin kerja sama dengan badan-badan terkait untuk penanggulangan bencana seperti Palang Merah Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Bentuk kerja sama yang dilakukan berupa koordinasi dalam penyaluran bantuan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)