Dancow Targetkan 5.000 SD Ikut Program Dokter Kecil Mahir Gizi

Program Dokter Kecil Mahir Gizi (DKMG) yang merupakan bagian dari CSR Dancow kembali diluncurkan untuk yang ke-8 kalinya bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Bermula pada tahun 2008 sebagai program sosialisasi gizi di 19 kota, tahun ini DKMG yang merupakan bagian dari Dancow Caravan Gizi dihadirkan di ranah digital melalui situs www.fortigro.dancow.co.id untuk dapat menjangkau lebih banyak lagi siswa, guru dan orang tua di Indonesia.

dokter kecil -mahir-gizi-2016_663_382

Menurut Windy Cahyaning, Business Executive Manager Dairy PT Nestle Indonesia, sejak pertama kali diperkenalkan hingga tahun ini, program DKMG telah menjangkau lebih dari 1 juta siswa termasuk 5.160 siswa yang menjadi Dokter Kecil dari 2.105 SD di 36 kota yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. “Setelah adanya DKMG online ini kami harapkan jumlah sekolah yang ikut tahun ini bisa naik dua kali lipat jadi 5000 sekolah dasar,” ujarnya.

Sama halnya dengan DKMG onground (kunjungan langsung ke sekolah), program DKMG online ini juga dibekali dengan modul yang dipersiapkan oleh PDGMI (Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia). Modul pelatihan DKMG online berisi pengetahuan 10 tanda umum anak bergizi baik, lalu pengetahuan mengenai gizi, sumber energi, zat pengatur dan zat pembangun, penyusunan menu bergizi, pengukuran status gizi hingga kiat-kiat bagaimana memilih jajanan yang sehat dan aman. “ Kami akan mendampingi sekolah dengan mendampingi guru dan siswa yang menjadi dokter kecil lewat situs online tadi,” ujar DR Dr Yustina Ani Indriastuti, Wakil Ketua PP PDGMI.

Sekolah yang ikut akan diseleksi program kampanye gizinya oleh para juri yang merupakan wakil dari PDGMI, Kemendikbud dan Nestle Indonesia. Bagi sekolah yang keluar sebagai juara akan diberikan bantuan sarana pendidikan seperti komputer dan lainnya. Pelatihan dan proses penjurian DKMG tahun 2016 akan dimulai bulan Agustus ini secara serentak di 80 SD di 20 kota. Tahun ini, DKMG akan diselenggarakan di beberapa kota baru yaitu Labuan Bajo, Sorong, Toraja, Palangkaraya, Dumai, Pasuruan, Gorontalo dan Bangka. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)