Danone Communities Berinvestasi di Perusahaan Sosial Nazava Indonesia

Danone Communities, lembaga impact investment dan inkubator bisnis  sosial  untuk  masyarakat  berpenghasilan  rendah,  berinvestasi  pada  perusahaan sosial Nazava di Indonesia. Danone Communities telah memberi dampak pada 11  juta orang di seluruh dunia dengan meningkatkan akses air minum yang aman bagi masyarakat,  sekaligus  berkontribusi  untuk  mencapai  tujuan global untuk  Pembangunan  Berkelanjutan  (SDGs) yang dicanangkan PBB, khususnya tujuan keenam yaitu akses air bersih dan sanitasi.

Investasi  ini  juga  mendukung  upaya-upaya  yang  dilakukan  Pemerintah  Indonesia  untuk  mencapai target 100% akses air minum layak dan 15% air minum aman di 20241, serta 100%  akses air minum aman pada 20302.

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 2,2 miliar orang, atau 1 dari 3 orang di  dunia,  tidak  memiliki  akses  air  minum  yang  aman.  Melihat  pentingnya  peningkatan  akses  masyarakat terhadap air minum, Danone Communities mengumumkan investasi terbarunya  pada Nazava, sebuah perusahaan sosial yang memiliki misi menyediakan air minum yang  aman dan terjangkau bagi siapapun dan di manapun dengan memproduksi dan menjual  saringan air minum berkualitas tinggi dengan harga yang murah bagi rumah tangga.

Didirikan di Indonesia pada 2009 oleh dua warga negara Belanda, Guido van Hofwegen dan  Lieselotte  Heederik,  Nazava  menyediakan  air  minum  bagi  lebih  dari  450  ribu  orang  berpenghasilan rendah dan menargetkan untuk menjangkau 2 juta orang  pada tahun  2024.

Sebagai  negara  dengan  jumlah  penduduk  terbesar  keempat  di  dunia,  di mana  72%  dari  total  populasi menggunakan air sumur sebagai air minum, dan sekitar 26 ribu anak-anak  meninggal  dunia  rata-rata  per  tahunnya  karena  diare  akibat  mengonsumsi  air  minum  yang  terkontaminasi,  Nazava  telah  mengembangkan  model  yang  inovatif.  Bekerja  sama  dengan  perguruan tinggi lokal dan internasional, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas  Padjadjaran (UNPAD), dan Delft University Belanda.

Saringan air minum yang telah teruji secara  global ini, didesain agar aspiratif dan mudah digunakan. Produk ini didistribusikan secara luas di  Indonesia  lewat  jaringan  penjualan  Lembaga  Keuangan  Mikro  (MFI),  reseller,  dan  situs  e-commerce. Secara keseluruhan saringan air Nazava memiliki dampak positif pada masyarakat

lewat cara berikut ini:  meningkatkan kesehatan dengan cara mengurangi potensi penyakit yang menyebar lewat air. Lalu, mengurangi produksi CO2 karena tidak butuh merebus air dengan menggunakan energi fosil. Juga, mengurangi sampah dan menghemat pengeluaran barang sekali pakai untuk rumah tangga (hemat hingga Rp1.099.460/US$78 per tahun per rumah tangga). Bahkan, meningkatkan ketersediaan waktu pada rumah tangga (menghemat 2 jam per minggu per  rumah tangga).

Terkait dengan investasi baru ini, Valerie Mazon, Business Development Waters Director Danone Communities, mengatakan, “Bagi Danone Communities, ini adalah kali pertama kami  bekerja  sama  dengan  perusahaan  penyaring  air  rumah  tangga,  sekaligus  kali  pertama  berkolaborasi  dengan  perusahaan  asal  Indonesia.  Nazava  memiliki  cara-cara  inovatif  untuk  menjangkau konsumen melalui jaringan lembaga keuangan mikro sehingga membantu semakin  banyak masyarakat membeli penyaring air rumah tangga melalui skema cicilan yang terjangkau.”

Hal ini juga menjadi model keuangan hybrid, dengan menjual kredit karbon berkat pengurangan  CO2. Danone Communities berdampak kepada lebih dari 10 juta orang, setiap hari. Melalui semua investasi yang dilakukan kepada perusahaan sosial di seluruh dunia, Danone  Communities telah memberi dampak positif kepada lebih dari 11 juta orang setiap harinya.

Menandai  investasi  yang  ke-10  dalam  penyediaan  akses  air  minum  yang  aman,  Danone Communities memperkuat portofolionya terus mendukung solusi pengolahan air yang  terdesentralisasi, mulai dari kios air, alat-alat penyaringan di sekolah-sekolah, hingga penyaring  air rumah tangga. Keragaman solusi ini menjadi kunci untuk melayani 2 miliar orang yang masih  belum  memiliki  akses  air  minum  yang  aman,  serta  menjadi  jawaban  untuk  kebutuhan  dan  kebiasaan sesuai dengan budaya lokal.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)