Danone Tantang Mahasiswa Ciptakan Simulasi Bisnis

Tingginya potensi mahasiswa Indonesia dalam menciptakan ide bisnis, ttidak disia-siakan oleh perusahaan makanan asal Perancis, Danone. Melihat kondisi itu, Danone menggelar kompetisi simulasi bisnis bernama “Trust”, yang melibatkan ratusan mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi di Indonesia.

Trust diselenggarakan sebagai wadah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswaIndonesia agar mampu merancang sebuah strategi bisnis, seperti layaknya sebuah perusahaan menjalankan bisnisnya sehari-hari. Upaya ini merupakan suatu kontribusi Danone kepada dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi, agar para mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktek bisnis yang nyata dengan cara berekperimen atau bersimulasi menjalankan usaha dengan struktur manajemen perusahaan, melakukan inovasi dalam mengembangkan bisnis dan menjalankan tanggung jawab social perusahaan.

Rudolf Saut, Vice President HR Danone Aqua yang sekaligus Country Leader Trust 2012 Indonesia mengatakan, Trust diciptakan dari insiatif global Grup Danone. Namun di Indonesia, Trust lebih dari sekadar kompetisi. “Danone memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktek bisnis sehari-hari dengan cara bereksperimen atau bersimulasi menjalankan usaha, memahami fungsi manajemen perusahaan dan berpikir kreatif serta membangun rasa percaya diri,” jelasnya.

Hingga saat ini, Trust berhasil menjaring ratusan mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi negeri dan swasta. Sebut saja, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Sam Ratulangi, Prasetya mulya Business School, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Universitas Padjajaran dan Institut Teknologi Bandung. Dari 28 tim, terpilih 13 tim yang lolos ke tahap country final.

Pada country final, setiap tim mempresentasikan strategi bisnis yang memperlihatkan SWOT Analysis (Strength, Weakness, Opportunities, Threat), menentukan strategic direction, action plan, dan estimasi profit& loss perusahaan selama tiga tahun ke depan serta merancang program social yang tepat bagi perusahaan.

Kompetisi ini merupakan kesempatan yang perlu dimanfaatkan para mahasiswa Indonesia untuk mengenal dunia bisnis secara nyata dan bagaimana mereka mengembangkan kemampuan untuk berperan aktif dalam perkembangan dunia bisnis di Indonesia,” tambah Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bidang Pendidikan. Pemenangnya akan mendapat kesempatan mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis serta bertemu dengan para pimpinan Danone di Paris, Perancis.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)