DBS Foundation Tingkatkan Dukungan untuk Wirausaha Sosial di Asia

DBS Foundation, yayasan pertama di Singapura yang didedikasikan untuk mendukung, menumbuh-kembangkan kewirausahaan sosial, meningkatkan pendanaan DBS Foundation Social Enterprise (SE) Grant Programme 2021 menjadi Sin$ 3 juta atau sekitar Rp32 miliar – lebih dari dua kali lipat dibandingkan jumlah hibah tahun lalu. Hal ini adalah langkah terbaru DBS dalam melaksanakan serangkaian dukungan yang ditingkatkan untuk mendukung wirausaha sosial pada saat dibutuhkan karena pandemi yang masih berlanjut, dan memungkinkan mereka untuk terus menciptakan dampak sosial positif.

Karen Ngui, Group Head DBS Strategic Marketing and Communications & Board Member DBS Foundation mengatakan, wirausaha sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan kehidupan dan mata pencaharian seraya mengatasi kesenjangan sosial utama pada tingkat sistemik. “Dengan jumlah hibah lebih besar pada tahun ini, kami berharap dapat mendukung lebih banyak wirausaha sosial di kawasan pada masa yang penuh tantangan ini, saat mereka membuat kemajuan lebih besar dalam memberikan dampak dan menggerakkan perubahan secara menyeluruh,” ujarnya.

DBS Foundation SE Grant Programme yang telah berlangsung selama tujuh tahun, kini dirancang untuk menumbuhkan wirausaha sosial pemula, yakni bisnis yang berdampak sosial, yaitu menghasilkan keuntungan dan memberikan dampak positif. Selain memberikan hibah masing-masing Sin$50 ribu hingga 250 ribu, wirausaha terpilih yang berasal dari negara-negara utama di mana Bank DBS beroperasi (Singapura, Hongkong, Taiwan, Tiongkok, India, dan Indonesia) akan mendapatkan manfaat dari serangkaian langkah dukungan holistik dari Bank DBS dan DBS Foundation, seperti program peningkatan kapasitas, jaringan, dan peluang pemberitaan. Manfaat ini juga mencakup akses ke komunitas wirausaha sosial DBS Foundation untuk potensi sinergi dengan ekosistem yang lebih luas, seperti pembelajaran sesama rekan wirausaha dan kerja sama lintas wirausaha sosial.

Program sosial ini telah membangun reputasi kuat dan mengikuti selama bertahun-tahun, dengan siklus tahun 2020 yang berhasil menarik lebih dari 800 pendaftaran. Program hibah tahun ini terbuka untuk wirausaha sosial yang memiliki model bisnis yang tervalidasi pasar dan rencana terstruktur untuk meraih keuntungan dan menciptakan dampak positif.

Mengingat sampah makanan menjadi penyumbang besar emisi gas rumah kaca, DBS Foundation SE Grant Programme juga membuat program "Towards zero food waste" untuk wirausaha sosial yang bekerja dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan membantu menghentikan perubahan iklim dengan menangani masalah sampah makanan. “Towards zero food waste” yang diluncurkan pada tahun lalu, berupaya untuk mendukung bisnis berdampak sosial untuk mengatasi masalah terkait, seperti, sampah pangan dan kesenjangan dalam rantai pasokan pangan.

Untuk pertama kalinya, program hibah tahun ini akan menampilkan trek “berdasarkan undangan” eksklusif, di mana wirausaha sosial terpilih dari negara utama di mana Bank DBS beroperasi di kawasan Asia akan diundang secara khusus untuk mengikuti DBS Foundation SE Grant Programme. DBS Foundation akan bekerja sama dengan waralaba Bank DBS serta mitra dan platform ekosistem mapan di masing-masing negara ini untuk mengelola, memilih, dan merekomendasikan kandidat berpotensi. Bank DBS secara efektif memanfaatkan data dan jaringan pasar lokal untuk menjangkau wirausaha sosial menjanjikan.

Semua proposal yang diterima sebelum 15 Juni 2021, pukul 23:59 (waktu Singapura, GMT +8) akan dievaluasi mulai pertengahan Juni hingga September, dan permohonan yang diterima setelahnya akan dievaluasi dalam siklus hibah tahun berikutnya. Pengumuman penerima hibah dan penyerahan hibah akan berlangsung menjelang akhir tahun ini. Untuk rincian lebih lanjut tentang DBS Foundation SE Grant Programme dan panduan aplikasi, klik di sini.

Selain membina wirausaha sosial pada tahap awal pertumbuhan, DBS Foundation juga melipatgandakan upaya untuk memberikan bimbingan dan dukungan khusus kepada wirausaha sosial berpotensi tinggi yang terpilih untuk mempercepat pertumbuhan mereka. DBS Foundation akan memilih wirausaha sosial inovatif yang menunjukkan potensi kuat untuk berkembang dan membantu mempercepat kemajuan mereka dengan menggabungkan layanan, keahlian, dan koneksi bank untuk memberikan dukungan yang disesuaikan, ditargetkan, dan holistik. Hal ini termasuk menugaskan manajer DBS dan kelompok spesialis yang akan bekerja dengan wirausaha sosial untuk mengembangkan rencana pertumbuhan perusahaan berdasarkan atas kebutuhan unik mereka, seperti: saran strategis terkait penggalangan dana; bantuan  kebutuhan perbankan dan pendanaan; koneksi ke kontak industri dan nasabah Private Bank DBS untuk investasi dan peluang bisnis, dan menyelaraskan wirausaha sosial dengan senior leader DBS untuk peluang bimbingan (mentorship).

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)