Desa Pinter, Internet untuk Wong Ndeso

Telkomsel akan segera menggelar Desa Punya Internet (Desa Pinter). Program yang bertujuan memberikan kemampuan kepada masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kualitas hidup. “Telkomsel mendapat kepercayaan dapat membawa layanan Internet Paling Indonesia melalui program Desa Pinter bagi masyarakat Indonesia. Misalnya, memberikan pengalaman pertama menggunakan internet untuk memperoleh informasi penting yang pada akhirnya dapat membuka akses seluas-luasnya terhadap berbagai pegetahuan agribisnis, pendidikan, bahkan inovasi terkini seputar teknologi tepat guna,” ujar Ricardo Indra, Head of Corporate Communication Division Telkomsel.

Untuk mendukung program Desa Pinter ini Telkomsel menyedikan layanan internet dengan tarif terjangkau yang merupakan layanan koneksi nirkabel berbasis WIFI dan dapat digunakan oleh berbagai perangkat telekomunikasi. Bahkan gadget lainnya di wilayah cakupan.

Telkomsel juga menyediakan 2 (dua) unit komputer dan 1 (satu) unit printer di setiap desa dengan jaringan internet yang berkecepatan tinggi. Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat di pedesaan untuk mengakses informasi mengenai dunia pendidikan dan pengetahuan lainnya yang senantiasa memperhatikan konsep INSAN (Internet Sehat dan Aman)

Pembangunan Desa Pinter sendiri dilakukan secara bertahap untuk menyesuaikan tingkat kebutuhan di masing-masing wilayah. Tahap pertama ini akan digelar di 880 desa yang tersebar di 3 (tiga) Provinsi, yaitu 340 desa di Sumatera Utara, 340 desa di Sumatera Barat, dan 200 desa di Kalimantan Timur. Wilayah tersebut dipilih karena memiliki tingkat penetrasi layanan komunikasi dan informasi yang cukup tinggi.

Selain fokus untuk membangun 100 kota broadband di tahun 2012 ini, Telkomsel juga konsisten menghadirkan Internet Paling Indonesia sampai ke pelosok desa untuk memberdayakan dan menghubungkan masyarakat non perkotaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi mereka,” tambah Indra.

Sebelumnya, Telkomsel telah menggelar layanan telekomunikasi dengan layanan dasar (basic service) yaitu suara dan teks di lebih dari 25.000 desa atau biasa disebut sebagai program USO Desa Berdering. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)