Dettol Mengajak Masyarakat Indonesia untuk Mencuci Tangan Sejak Dini

Misi Hidup Sehat Dettol merupakan salah satu wujud nyata, bukti komitmen Dettol yang dinaungi oleh perusahaan global Reckitt Benckiser, untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun 500 fasilitas cuci tangan di sekolah dasar, pondok pesantren, dan berbagai institusi pendidikan lainnya di pulau Jawa. Penyerahan ini secara simbolis dilakukan pada tanggal 11 Desember 2014 di SDN Gondangdia 05 Pagi, Jakarta Pusat.

Dettol cuci

Menurut data dari UNICEF,  tahun 2012, angka kematian anak yang umurnya di bawah 5 tahun di Indonesia menembus  hingga 152.000 jiwa. Menurut dr. Akira Prayudianto, Sp. A., dokter spesialis anak dari RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta, di institusinya, kematian bayi di bawah usia 28 hari terjadi karena infeksi.

Riset kesehatan dasar yang dikeluarkan Kemenkes RI pada tahun 2013, menunjukan bahwa anak-anak pada kelompok usia 5 hingga 12 tahun, rentan untuk terkena penyakit diare dan infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.

Semua penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan melakukan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Hal ini pun disetujui dr Akira yang menyatakan bahwa kebiasaan untuk mencuci tangan, dijadikan sebagai solusi preventif agar kematian bayi di bawah 28 hari dapat menurun.

Oleh karena itu, untuk mendukung gerakan perilaku hidup bersih dan sehat, Dettol meluncurkan program nasional Misi Hidup Sehat Dettol. Program ini dimulai pada bulan Desember 2008 dan pada akhir tahun 2013 mulai menggandeng Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia. Hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan kesadaran tentang praktek dasar kebersihan yang sehat terutama dalam mencuci tangan.

Menurut Ratanjit Das, Presiden Direktur Reckitt Benckiser, hal ini sejalan dengan komitmen Dettol. “Kami ingin agar orang-orang bisa hidup lebih sehat dan lebih baik, sehingga mampu menciptakan lingkungan keluarga yang sehat. Praktek hidup sehat dan bersih pun harus mulai dibiasakan sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan yang bermanfaat baik bagi kesehatan."

Misi hidup sehat Dettol pun tidak terbatas hanya mencuci tangan tetapi juga edukasi kesehatan pada 500.000 pelajar di 1.200 sekolah, memberi pelatihan pada 260.000 ibu baru mengenai perlindungan terhadap bayi baru lahir, dan pelatihan terhadap 450.000 PKK pada tahun 2013. Pencagahn infeksi juga diberikan pada 1.200 perawat dan bidan agar diharapkan mereka mampu mengajak berbagai pasien untuk ikut gerakan perilaku hidup bersih sehat.

Ratanjit Das pun berharap agar ke depannya, program ini tidak saja dilakukan di pulau Jawa saja tetapi juga seluruh Indonesia pada tahun 2015. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)