Dokter Tirta dan Wanda Ponika Edukasi Masyarakat tentang Vaksin Covid-19

Gerakan Indonesia Pasti Bisa Kembali mengadakan webinar yang bertajuk “Vaksin Covid-19 : Jenis, Perbedaan, dan Panduan KIPI (1/9/2021) dengan memaparkan informasi  dan  edukasi  kepada  masyarakat  seputar  vaksin  Covid-19  dan  penanganan  KIPI  bersama  narasumber  ahli,  yaitu  dr.  Tirta  Mandira  Hudhi,  selaku  relawan  Covid-19  dan  Wanda  Ponika,  Direktur  Global  Human  Response  Gerakan  Indonesia Pasti Bisa. 

Berdasarkan  data  Our  World  in  Data,  Indonesia  masih  terkategori  sebagai  negara  dengan  tingkat vaksinasi Covid-19 yang masih rendah yakni sebesar 13,1% dari total jumlah  penduduk.  Kondisi  ini  membuktikan  bahwa  vaksin  masih  menjadi  prioritas  kebutuhan  bagi  masyarakat dalam memutus mata rantai virus Covid-19. 

Ditambah lagi, banyak berita palsu atau hoaks yang beredar di kalangan masyarakat terkait  Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), baik melalui media sosial maupun grup obrolan dalam  suatu aplikasi. Hal ini menimbulkan ketakutan yang berdampak pada kepercayaan  masyarakat terhadap vaksin Covid-19. 

Dalam kesempatan ini, dr. Tirta menjelaskan jenis- jenis vaksin Covid- 19 dan KIPI vaksin Covid- 19. “KIPI vaksin Covid merupakan reaksi hyper metabolism tubuh, di mana tubuh membutuhkan  energi  yang  cukup  banyak.  Reaksi  setelah  vaksin  Covid-19  pasti  pegal-pegal,  cepat  lemas,  mudah lapar, dan mengantuk karena energi tubuh difokuskan untuk membentuk antibodi,” tutur dr. Tirta saat menjelaskan mengapa KIPI dapat terjadi setelah vaksinasi Covid-19.  

Wanda  Ponika  juga  memberikan  informasi  kepada  masyarakat,  bahwa  Gerakan  Indonesia  Pasti  Bisa  juga  waspada  dan  saling  bantu  dalam  menangani  pandemi  Covid-19. Beberapa program bantuan, seperti Sentra Vaksinasi, Oxygen Concentrator untuk  faskes, makanan untuk nakes, serta bantuan dari pada donator lainnya telah didistribusikan  oleh Gerakan Indonesia Pasti Bisa hampir ke seluruh wilayah Indonesia. 

Selanjutnya, Wanda menjabarkan program  vaksinasi yang dilaksanakan Gerakan Indonesia  Pasti Bisa, serta bantuan yang diberikan kepada faskes dan nakes   “Vaksinasi  Indonesia  Pasti  Bisa  per  hari  ini  sudah  lebih  dari  30.000.  Terima  kasih  kepada  relawan  yang  sudah  berpartisipasi  saling  membantu.  Pemerintah  sudah  berusaha  dengan  segala kelebihan dan kekurangannya, sehingga kita harus kooperatif,” ungkapnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)