Dompet Dhuafa Gelar Pemeriksaan Diabetes Untuk 555 Perempuan

Dompet Dhuafa bekerja sama  dengan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP) melakukan pemeriksaan dan pencegahan diabetes.

Acara ini merupakan salah satu program promosi kesehatan Gerai Sehat Rorotan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-3 Gerai Sehat Rorotan. Juga, sebagai upaya mendukung program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebagaimana diketahui, penyakit diabetes dinilai telah menjadi persoalan serius dunia. Tercatat sebanyak 422 juta orang atau sebesar 8,5% orang penyandang diabetes yang berusia 18 tahun di seluruh dunia.

Indonesia merupakan negara yang berada di urutan ke-4 dengan prevalensi diabetes tertinggi di dunia. Tidak hanya itu, diabetes juga merupakan penyebab kematian terbesar nomor tiga di Indonesia. Dalam jangka panjang, bila tidak ditanggulangi diabetes dapat menurunkan produktivitas, menyebabkan disabilitas dan kematian dini.

“Kegiatan pemeriksaan dan pencegahan diabetes telah dilakukan di 5 kelurahan di Jakarta Utara yakni Kalibaru, Koja, Warakas, Marunda dan Rorotan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari perempuan internasional," ujar Rini Suprihartanti, Direktur Pengembangan Usaha Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Kegiatan ini ditargetkan akan diikuti oleh 555 perempuan di Jakarta Utara, dengan metode ankle and brachial pressure index (ABPI). “Dengan menggunakan metode ini diharapkan mampu mengurangi risiko kerusakan organ tubuh, terutama pada lengan dan kaki bagi penderita diabetes,” kata Afiat Djajanegara, General Affairs Manager PTTEP.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya hidup sehat untuk mencegah diabetes. “Survei menunjukkan sebanyak 90% penderita penyakit diabetes di seluruh dunia disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.  Sebesar 80% di antaranya dapat dicegah dengan pola hidup sehat,” kata Rini. Menurutnya, pemeriksaan ini merupakan kegiatan sosial yang bermanfaat khususnya bagi perempuan, mengingat saat ini sebagian besar penderita diabetes adalah kaum perempuan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!