Dompet Dhuafa Kembali Beraksi di Aceh

Setelah terbukanya akses menuju lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Aceh, tim gabungan Aksi Tanggap Bencana (SIGAB) Dompet Dhuafa terus bergerak menyalurkan bantuan. Setelah berhasil menuju Desa Lamsujen, Lhoong, Aceh Besar, tim dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC), Dompet Dhuafa Waspada dan Disaster Management Center (DMC), kini tim tersebut juga membuka posko di Desa Lamreung, Kecematan Darul Imarah, Aceh Besar.

DD Aceh

Pada tahap awal, tim relawan SIGAB konsentrasi pada posko pemeriksaan kesehatan dan bantuan logistik, serta mendirikan dapur umum. Di Desa Lamreung sebanyak 433 jiwa mengungsi di masjid desa dan sejumlah akses lumpuh. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, banjir kali ini merendam sekitar 20.000 rumah di Aceh Besar, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, Aceh Selatan dan Aceh Jaya. Ribuan penduduk terpaksa mengungsi ke tempat-tempat yang aman dari terjangan banjir.

Dompet Dhuafa merespon bencana banjir di Aceh Besar dengan menurunkan tim kemanusiaan ke lokasi bencana. “Dompet Dhuafa sudah beraksi mengadakan layanan kesehatan bagi para pengungsi di Kecamatan Lhoong dan kini menambah posko di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Dapur umum juga kita dirikan untuk membantu para pengungsi memenuhi kebutuhan makan dan minum,” ujar Direktur DMC Dompet Dhuafa, Asep Beny.

Hingga kini, pengungsi banjir Aceh masih membutuhkan bantuan. Tak hanya kebutuhan logistik dan kesehatan saja. Tetapi juga membutuhkan bantuan air bersih, serta perlengkapan kebutuhan bayi dan tim Dompet Dhuafa terus berusaha mengcover kebutuhan pengungsi. Selama 21 tahun Dompet Dhuafa memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)