Dompet Dhuafa Optimis Himpun Dana Hingga Rp 80 Miliar

Selama bulan Ramadhan 1436 H nanti, lembaga zakat Dompet Dhuafa menargetkan akan menyasar sekitar 16 ribu penerima manfaat. Jumlah tersebut diharapkan tercapai lewat 48 event yang disiapkan di seluruh Indonesia. “Lewat program itu kami berharap masyarakat akan lebih peduli lagi dengan sesam,” ujar Ahmad Juwaini, Direktur Dompet Dhuafa. Program Ramadhan 1436 Hijriah Dompet Dhuafa tersebut meliputi berbagai bidang seperti ekonomi, kesehatan, relief, pendidikan dan dakwah.

dompet dhuafa counter_dd_ramadhan

Terkait penghimpunan dana di Ramadhan 1436 H ini, kata Ahmad, pihaknya menargetkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) dapat mencapai Rp 80 miliar. Target ini dicanangkan atas dasar tren setiap tahun di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap Ramadhan.

“Dalam dua tahun terakhir, penghimpunan Dompet Dhuafa saat Ramadhan menunjukkan peningkatan, tahun 2013 mencapai Rp 52 miliar sedangkan tahun 2014 meningkat menjadi Rp 64 miliar,” jelas Ahmad.

Tren peningkatan tersebut menjadi indikasi bahwa keinginan masyarakat untuk berbagai terhadap sesama dengan menyalurkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf saat Ramadhan sangat tinggi. Menurut Ahmad, hal positif lain dari tren tersebut adalah bahwa Dompet Dhuafa semakin dipercaya untuk mendayagunakan dana Ziswaf para donatur lewat program-program pemberdayaan. Selain itu hal menarik lainnya adalah, melemahnya daya beli masyarakat akibat inflasi yang tinggi tidak berpengaruh terhadap penurunan jumlah orang berdonasi.

Guna merespon tingginya fenomena masyarakat berdonasi di bulan Ramadhan, Dompet Dhuafa mempersiapkan layanan untuk mempermudah para donatur meluaskan aktifitas kebajikan. Bentuk layanannya yaitu kemudahan menunaikan Ziswaf melalui kanal perbankan, QR Code, game online “Giving Frenzy”. Dan 85 counter di beberapa mall, perkantoran, pusat belanja, stasiun kereta, dan seluruh jaringan Hypermart dan Matahari di Indonesia. Tak hanya itu, disediakan pula layanan jemput zakat, konsultasi 24 jam online seputar ziswaf dan tema keislaman. Berbagai layanan tersebut dipersiapkan pada bulan Ramadhan ini agar kian memudahkan masyarakat dalam melakukan amal kebajikan.

Game online tersebut merupakan inovasi layanan donasi yang diinisiasi Dompet Dhuafa bekerja sama dengan game developer Cipta Global Integral. Game yang dapat diunduh secara gratis di Google Play tersebut diluncurkan sebagai strategi edukasi kebaikan menyasar segmen remaja, berbuat kebaikan dengan cara menyenangkan.

Beberapa program Ramadhan 1436 H yang dipersiapkan antara lain Ramadhan Ceria di Perbatasan, Warung Tenda Takjil dan Bike and Run For Lovely Environment. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)