Dompet Digital Bantu Pendataan Warung UMKM

Dana mengumumkan fitur pendataan UMKM yang disematkan dalam miniprogram Siap Siaga COVID-19 yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu. Fitur pendataan UMKM ini merupakan bentuk dukungan terhadap gerakan sosial #BelanjadiWarungTetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) untuk mendorong terus bergulirnya perekonomian rakyat di tengah penyebaran COVID-19.

CEO dan Co-Founder Dana, Vincent Iswara mengungkapkan fitur ini memudahkan pengguna dompet digital itu mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya sehingga bisa membantu bertahan di tengah pandemi.

“Kami mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendata para pelaku UMKM, termasuk warung kelontong dan warung makan kecil,” ujarnya.

Pengguna dapat memilih opsi ‘Daftarkan Warung Sekitar Kamu’, lalu mendaftarkan nama dan nomor telepon pemilik warung, jenis usaha, serta alamat tempat usaha mereka. Dengan melakukan pendataan ini, pengguna telah ikut serta dalam aksi nyata menyelamatkan warung-warung di sekitar mereka dan turut menggerakkan perekonomian nasional.

Daftar warung yang disampaikan oleh pengguna melalui miniprogram Siap Siaga COVID-19 akan langsung diserahkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk selanjutnya dilakukan pengelolaan data untuk pendistribusian bantuan kepada warung-warung tersebut. Bantuannya dapat berupa bantuan tunai atau persediaan bahan pokok dengan harga normal dari BUMN klaster pangan yang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. 

Sebelumnya, Dana telah memperkenalkan miniprogram Siap Siaga COVID-19, yakni fitur yang memberikan informasi terkait COVID-19 kepada para pengguna hingga melakukan donasi digital melalui kerja sama dengan Kitabisa.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)