CSR Corner

Dukung Perekonomian Perempuan dari Dana Sosial Reksa Dana

PT BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia meresmikan program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan. Program ini meliputi rangkaian pelatihan yang dilakukan secara daring bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia.

Program pengembangan komunitas ini merupakan inisiatif yang disusun bersama dengan lembaga terpilih, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW ) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 pengusaha muda perempuan berpartisipasi dan mendapatkan pengenalan produk perbankan dan investasi, perencanaan pengelolaan keuangan serta wadah manajemen keuangan secara digital.

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana sosial yang dilakukan BNP Paribas AM melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi) yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI).

Dengan Program tersebut, kedua perusahaan bermaksud untuk berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha para perempuan muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi para perempuan muda Indonesia tersebut untuk dapat tetap bertahan dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, program tersebut berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI Jakarta. Bersama dengan PPSW, program ini akan berjalan sekitar 6 bulan. Peserta yang terpilih berkesempatan untuk meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. Kedua perusahaan memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Maya Kamdani, Direktur PT BNP Paribas AM menjelaskan, “ Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, terutama di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk bertema SRI dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian dalam jangka panjang.”

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, mengungkapkan, kita harus dapat melihat bahwa dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi salah satu dari upaya Citi Indonesia yang terintegrasi untuk memberikan dampak yang positif dan berarti bagi komunitas.

Fitriani Sunarto, Sekretaris Eksekutif Asosiasi PPSW menambahkan, generasi perempuan muda adalah yang paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini berpotensi untuk mendorong perubahan dari pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi seperti saat ini.

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250 jutatelah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Komitmen ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020)* bahwa 64% dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved