Dukung UKM Jakarta, Ralali Siapkan Tim Khusus Penampingan Go Digital

UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan ujung tombak ekonomi Indonesia. Ketika krisis 1997 melanda negara ini, UKM lah yang mendorong ekonomi Indonesia bangkit dari krisis. Sekarang di era e-commerce, harusnya peran UKM makin besar karena akses pasar yang makin luas. Di Tiongkok, Alibaba bisa mendorong perkembangan UKM di sana, bahkan banyak UKM lain di berbagai penjuru dunia mendapatkan akses pasar lebih luas dari sekarang mereka kembangkan. Alibaba tercatat sebagai e-commerce terbesar saat ini di dunia, terlebih IPO (initial public offering) Alibaba pada Oktober 2014 berhasil meraih penjualan saham senilai US$ 25 miliar, nilai terbesar IPO sepanjang sejarah.

Sukses Alibaba mengangkat banyak UKM ini bisa diduplikasi e-commerce di Indonesia. Mengingat potensi UKM di Indonesia ini merupakan peluang yang sangat besar. UKM Indonesia bisa bergabung dengan e-commerce untuk tumbuh lebih besar. Tidak harus dengan Alibaba, justru e-commerce lokal lah yang paham apa masalah, tantangan dan apa yang diinginkan UKM Indonesia. Adalah Ralali.com, sebuah marketplace B2B yang didirikan Joseph Aditya pada 2013, terdorong untuk meningkatkan akses pasar UKM di Indonesia melalui platform yang dikembangkannya.

Irwandi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Pedagangan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan saat ini ada 1.200 UKM di Kawasan PIK Pulogadung. Mereka menghasilkan berbagai produk mulai garmen, kulit, dan logam. Dibutuhkan pendampingan dan binaan agar mereka tumbuh lebih pesat.

“Ini pertama kalinya situs online marketplace yang menawarkan program pendampingan selama 1 tahun bagi para UKM di bawah naungan kami. Sinergi ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UKM lain, dan harapannya langkah yang di lakukan Ralali.com dapat memberikan inspirasi bagi e-commerce lainnya dalam memajukan UKM di Indonesia," kata Irwandi.

Menurut Aditya, sejak penandatangan kerjasama tersebut, akan ada tim Ralali.com yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan berupa seminar dan pelatihan khusus kepada para pelaku UKM di Kawasan PIK Pulogadung selama satu tahun lamanya. Tim tersebut akan menjadi konsultan bagi para UKM di kawasan tersebut untuk memberikan wawasan yang lebih dalam seputar online marketplace sekaligus membantu mereka memasarkan produk di Ralali.com.

“Target kami dari pembinaan ini adalah peningkatan transaksi bisnis rekan-rekan UKM sehingga bisnis mereka menjadi semakin maju dengan pesat. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Ralali.com, yaitu menjadi jembatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau menjalankan bisnisnya dengan sukses, dengan platform yang menyediakan produk berkelas serta memudahkan para pelaku bisnis dalam negeri untuk terhubung dengan pelaku bisnis lainnya di seluruh dunia,“ tambah Aditya.

Sejak didirikan Ralali.com, telah menjadi jembatan bagi supplier atau produsen tunggal agar memudahkan mereka untuk melakukan jual beli produknya secara online dengan aman, cepat, mudah dan terjamin. Ralali.com, dilengkapi dengan fitur “Buat Permintaan” yang membantu pengguna (user) untuk menemukan produk yang dibutuhkan. Cara penggunaanya bisa dengan kata kunci produk, merek tertentu atau cukup mengunggah (upload) foto produk atau toko yang pernah dilihat. Selanjutnya, tim Ralali.com akan membantu untuk mencarikannya.

Ralali.com dikenal sebagai marketplace produk industrial seperti produk MRO (Maintenance, Repair, Operation) dan HoReCa (Hotel, Restaurant, Café). Awal 2017, Ralali.com menambah kategori produk mulai dari peralatan rumah tangga, fashion, make up, dan lain sebagainya untuk memenuhi tingginya permintaan kebutuhan dari para pengguna jasa Ralali.com dari UKM.

“Kami berharap langkah yang di lakukan Ralali.com dapat memberikan inspirasi bagi e-commerce lainnya dalam memajukan UKM di Indonesia,” kata Irwandi. Nyoman Kusuma Ardhiantha, pemilik Bordiranku.com salah satu UKM mengatakan sebagai pelaku usaha kecil sering menghadapi menghadapi kendala dalam melakukan promosi produk kami, dengan adanya program bimbingan online marketplace dari Ralali.com, ia berharap dapat memperluas market share dan menambah jumlah transaksi.

Senada dengan Nyoman, Pelaku UKM Gracia Apparel, Septon Siregar juga merasa terbantu dengan adanya program bimbingan dari Ralali.com. “Kami ingin memperluas pasar kami hingga menjangkau seluruh Indonesia, semoga dengan memanfaatkan e-commerce Ralali.com, harapan tersebut dapat terwujud,” ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)