Dukungan Pendidikan untuk Perempuan Muda Indonesia

Studi International Labour Organization (ILO) menunjukkan fakta bahwa sekitar 77% dari 400 perusahaan di Indonesia sepakat keragaman gender telah mendatangkan beragam manfaat. Partisipasi SDM yang beragam termasuk perempuan, mendorong perusahaan memperoleh capaian yang lebih baik, seperti 66% kenaikan profitabilitas, produktivitas, kreativitas, inovasi, keterbukaan, hingga 53% mengaku reputasi perusahaan pun menjadi makin baik.

Namun, kondisi pandemi kian menyudutkan posisi perempuan pada 3P; Pendapatan secara umum berkurang, yang mendorong Pendidikan menjadi tertunda bahkan terhenti, dan meningkatkan angka Pernikahan dini. “Pendidikan harus tetap diprioritaskan untuk para perempuan dalam kondisi apapun karena terbukti memiliki dampak langsung pada pembangunan bahkan pengentasan kemiskinan,” ujar Devie Rahmawati, Pengamat Sosial dari Universitas Indonesia.

Memahami kondisi tersebut, brand kecantikan Fair & Lovely kembali menyelenggarakan program dukungan pendidikan ”Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021”. Program ini diharapkan dapat mendorong para perempuan muda untuk terus memberdayakan diri mereka melalui pendidikan.

”Transformasi Glow & Lovely merupakan bentuk perwujudan komitmen Unilever dalam mendukung keberagaman dan inklusivitas yang dilakukan di tataran brand. Selama 10 tahun berada di Indonesia, kami meyakini kecantikan harus menjadi pengalaman positif bagi setiap perempuan; yang memungkinkan setiap orang untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri," kata Amaryllis Esti Wijono, Head of Marketing Skin Care Category Unilever Indonesia dalam konferensi pers (28/01/2021).

Program yang telah diadakan sejak 2017 ini ditujukan untuk 60 perempuan muda Indonesia yang memiliki prestasi, aspirasi dan motivasi. Saat ini tercatat sudah ada 210 penerima manfaat beasiswa di berbagai wilayah Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi pilihan mereka.

Felix Winarta, Senior Brand Manager Glow & Lovely Indonesia menyebut, Glow & Lovely Bintang Beasiswa telah menjadi program yang selalu dinanti dan disambut antusias. Tahun lalu contohnya, jumlah pendaftar meningkat hingga lebih dari 60% dibandingkan 2019. Untuk menjawab animo tersebut, saat ini pihaknya memperluas cakupan wilayah di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung, Riau dan Aceh sehingga total terdapat 14 provinsi wilayah.

Selain dukungan beasiswa pendidikan, Glow & Lovely Bintang Beasiswa juga akan membimbing para penerima beasiswa untuk lebih mengoptimalkan diri mereka dengan berbagai program pendampingan, antara lain pembangunan karakter, berpikiran kritis dan berkontribusi di komunitas, perencanaan karir, serta menangkap peluang berkarir dan berkarya di dunia kerja sesuai aspirasi dan cita-cita masing-masing.

"Melalui program ini kami ingin memberikan pengalaman konsep pendidikan untuk hari esok, di mana kami tidak hanya fokus pada kemampuan akademis saja tetapi juga keahlian lain seperti berpikiran kritis, problem solving, public speaking, leadership hingga wirausaha. Tujuannya untuk membekali mereka agar mampu menjawab tantangan zaman yang kian dinamis," ujar Felix.

Adapun syarat untuk mengikuti program ini di antaranya siswi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat 3 tahun terakhir yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2021 (kecuali Jabodetabek); siswi mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN/SNMPN/SPAN PTKIN/SBMPTN/SBMPTN/UM PTKIN; memiliki potensi akademik dan non-akademik, dibuktikan dengan fotokopi atau scan piagam prestasi lomba (jika ada), atau ijazah (jika ada); memiliki rencana studi di PTN yang dituju dan gagasan untuk berkontribusi kepada masyarakat; dan berkomitmen untuk menyelesaikan studi di universitas terpilih.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)