Festival Pasar Rakyat ke-14 Berakhir di Kota Batu

Kota Batu, Jawa Timur menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dengan total pengunjung 3,5 juta pada tahun 2015. Jumlah wisatawan ini meningkat dari tahun 2014 yang mencapai 3,3 juta pengunjung. Salah satu yang menarik wistawatan untuk berkunjung ke kota ini adalah hasil alam dan kulinernya. Melihat potensi ini, Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli, mengadakan Festival Pasar Rakyat ke 14 di Pasar Besar, Batung, Malang.

Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi (tengah) Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi (tengah)

“Pasar Besar memiliki lokasi strategis karena berada pada jalan utama Kota Batu, sehingga dapat mengambil peran sebagai etalase terlengkap yang menceritakan kekayaan komoditas dan kuliner. Ini bisa menjadi strategi baru dalam memberikan nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Batu dan mau merasakan interaksi di pasar tradisional,” jelas Restu.

Untuk itu, dalam Festival Pasar Rakyat juga dilakukan pelatihan kuliner dan sesi motivasi dari praktisi kuliner lokal kepada pedagang pasar, pelajar SMA / sederajat dan umum. Pelatihan dilakukan untuk menambah wawasan masyarakat yang ingin berbisnis kuliner namun tetap berkaitan dengan wisata kuliner Kota Batu.

Pelatihan ini dilakukan karena kuliner memiliki kaitan yang erat dengan keberadaan pasar sebagai pemasok komoditas. Menurut Satinder Pal Singh Ahluwalia, Direktur Perbankan Mikro Danamon, pasar memiliki fungsi yang penting bagi kesejahteraan masyarakat. Di dalam pasar terdapat pengusaha-pengusaha mikro yang berkontribusi dalam perekonomian dan menciptakan lapangan kerja.

Baginya, peran Danamon Simpan Pinjam tidak melulu mengenai penyediaan layanan perbankan bagi pedagang pasar. “Kami berupaya membantu pedagang supaya bisa menjadi pengusaha mikro yang sukses sehingga bisa memajukan perekonomian. Upaya ini sudah kami lakukan selama 12 tahun," ujarnya.

Dalam Festival tersebut, dihadirkan pula berbagai produk UMKM unggulan binaan Pemerintah Kota Batu agar semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memulai usaha. Festival ini juga menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba kuliner dan cerdas cermat yang memanfaatkan komoditas di pasar.

Festival Pasar Rakyat Pasar Besar Kota Batu menjadi festival penutup setelah diselenggarakan di beberapa tempat. Beberapa tempat di antaranya adalah Pasar Ibuh, Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Pasar 16 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan serta Pasar Pandansari, Balikpapan, Kalimantan Timur. Festival ini menjadi bagian dari program Danamon Peduli dengan anggaran sekitar Rp 17 miliar untuk kegiatan tanggung jawab sosial.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)