FSC Indonesia Meluncurkan Program Konsumen #Peduli Hutan Berawal dari Rumah

Hutan mempunyai fungsi yang penting bagi kehidupan manusia, selain sebagai paru-paru dunia yang menyumbang pada keseimbangan iklim, hutan juga berfungsi sebagai penyedia sandang, pangan, dan papan manusia. Di sisi lain hutan juga merupakan tempat hidup satwa dan tumbuh-tumbuhan. Satwa dan tumbuh-tumbuah sangat penting bagi keseimbangan lingkungan dan keberlanjutan kehidupan di bumi pada akhirnya.

Saat ini hutan dunia sedang mengalami ancaman keberlanjutan melalui penebangan hutan secara tidak bertanggung jawab, kebakaran hutan, alih fungsi lahan hutan menjadi lahan tidak berhutan seperti pertambangan dan perkebunan, dan masih banyak lagi. Dalam kurun waktu 2009-2013, Indonesia kehilangan hutan seluas 4,6 juta hektar atau 7 kali luas Provinsi DKI Jakarta (Forest Watch Indonesia, 2014).

Gaya hidup dan pertumbuhan produk yang berkembang di dunia khususnya di Indonesia yang menggunakan hasil hutan sebagai dasar bahan baku menjadi salah satu pemicu kerusakan hutan dan menjadi ancaman keberlanjutan hutan.

FSC (Forest Stewardship Council) yang merupakan organisasi internasional non profit yang mendorong pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dan baik, memandang perlu adanya program gerakan konsumsi yang bertanggung jawab agar konsumen menyadari pentingnya memilih produk yang aman dikonsumsi bagi lingkungan. Melalui program #Peduli Hutan Berawal Dari Rumah, Program #Peduli Hutan Berawal Dari Rumah, bertujuan mengedukasi konsumen mengenai pentingnya konsumen turut menjaga keberlanjutan hutan, pola konsumsi yang aman bagi keberlanjutan hutan, produk-produk yang aman bagi lingkungan, serta menjelaskan peran para produsen yang telah bersertifikat FSC dalam mengekstraksi dan memanfaatkan sumberdaya hutan secara bertangggung jawab dan ramah lingkungan.

Untuk itu FSC Indonesia dengan para mitra yang salah satunya adalah Tetra Pak Indonesia, berkerja sama melakukan serangkaian kegiatan edukasi ke sekolah-sekolah yaitu FSC Goes to School. Sekolah berperan penting dalam tumbuh kembangnya anak, dan memperoleh berbagai macam pengetahuan yang terbaik bagi anak agar kelak dapat bermanfaa, termasuk pendidikan dan pengetahuan mengenai kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan dalam kehidupan manusia.

“Program Peduli Hutan Berawal Dari Rumah merupakan program edukasi dari FSC Indonesia yang bertujuan mengedukasi konsumen mengenai pentingnya memilih produk yang lebih aman dikonsumsi sehingga tidak mengakibatkan kerusakan hutan menjadi lebih parah. Di pasaran telah tersedia berbagai produk yang telah bersertifikat FSC yang telah terjamin melalui proses produksi yang bertanggung jawab dan terjamin asal usul bahan bakunya, yang dapat dipilih konsumen sebagai alternatif konsumsi yang bertanggung jawab”, ujar Hartono Prabowo, FSC Perwakilan Indonesia.

Program Peduli Hutan Berawal Dari Rumah merupakan program pertama yang diselenggarakan oleh FSC Indonesia. Program ini dikampanyekan oleh FSC Indonesia bersama Tetra Pak Indonesia melalui rangkaian roadshow di 5 sekolah tingkat taman kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) di wilayah Jabodetabek. Program yang bekerjasama dengan Tetra Pak Indonesia dan mitra usahanya ini diisi dengan berbagai macam kegiatan yang diantaranya : perlombaan anak-anak, seminar untuk orang tua (ibu), story telling, pameran kerajinan anak, pentas seni anak dan kegiatan kreatif lainnya yang diinisiasi bersama oleh FSC dan para guru di sekolah bertemakan lingkungan, pengurangan dampak limbah dan pemanfaatan ulang limbah. Hari ini seremonial peluncuran Program Peduli Hutan Berawal dari Rumah dilakukan melalui acara FSC Goes to School pertama di Sekolah TK Hang Tuah 11 Pondok Labu Jakarta.

Bagi Tetra Pak, pendekatan yang menekankan pola keberlanjutan sangatlah penting untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kita bersama. Hal ini dilakukan melalui program edukasi lingkungan dan daur ulang kemasan karton di sepanjang rantai nilai dengan dimulai sejak dari tingkat sekolah.

“Oleh karena itu, kami mendukung inisiatif Forest Stewardship Council melakukan serangkaian roadshow di tingkat sekolah untuk memperkenalkan penggunaan label FSC pada kemasan Tetra Pak sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa serat kertas yang digunakan untuk kemasan Tetra Pak berasal dari sumber-sumber terkendali yang dikelola secara bertanggung jawab, tersertifikasi dan terverifikasi secara independen,” ujar Reza Andreanto, Tetra Pak Indonesia Environment Manager.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)