Gandeng LSPR, Panasonic Gelar Kid Witness News

Foto 4Untuk ke-12 kalinya, PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menggelar Kid Witness News (KWN) di Indonesia. Program tahunan yang dilaksanakan di seluruh dunia ini merupakan wadah pengembangan sumber daya manusia, termasuk anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Untuk mendukung berlangsungnya program tahun ini, PGI menggandeng sekolah tinggi ilmu komunikasi London School of Public Relations (LSPR).

Program yang berbentuk kompetisi ini ditujukan untuk meningkatkan awareness anak-anak muda terhadap kehidupan di sekitarnya. Dengan mengusung tema “Uniknya Duniaku” para pelajar yang berpartisipasi dalam kompetisi ini akan ditantang untuk mengekspresikan keunikan dunianya melalui naskah cerita.

Kompetisi ini terbuka untuk siswa dan siswi berusia 10-15 tahun di Indonesia. Lewat program ini, para siswa dapat menuangkan kreativitasnya melalui penulisan naskah film pendek berdurasi 5 menit. Pada usia 10-15 tahun, siswa-siswi secara efektif masih dalam proses perkembangan kemampuan kognitif, komunikasi dan organisasi sehingga program KWN diharapkan dapat menjadi salah satu wadah kreativitas.

“Kami terus merealisasikan konsistensi kami dalam membangun pengembangan diri sumber daya manusia sejak dini. Melalui program yang dilaksanakan sejak 27 tahun lalu secara global, PGI mengajak anak-anak Indonesia untuk menyampaikan pendapat dan kreativitasnya yang dituangkan dalam penulisan naskah,” jelas Viya Arsawireja, Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia.

Viya melanjutkan, program tersebut memiliki fase-fase yang diawali dengan sosialisasi, dilanjutkan dengan seleksi 10 besar yang akan dipilih untuk berkesempatan mendapatkan pelatihan pembuatan naskah dan film dari akademisi serta praktisi profesional perfilman Indonesia. Dari 10 besar akan dipilih 3 pemenang nasional terbaik.

Dari seluruh naskah yang dikirimkan, para juri akan memilih 10 finalis dengan naskah terbaik dengan penilaian berdasarkan originalitas naskah, kreativitas, serta korelasi cerita dengan tema yang ditetapkan. Finalis terbaik KWN 2015 tersebut akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Workshop KWN 2015 pada tanggal 23-27 November 2015, di bawah bimbingan pakar perfilman Indonesia.

Finalis diminta untuk membuat tayangan video dari naskah yang dikirimkan. Batas akhir pengiriman video untuk 10 finalis hingga Desember 2015. Masing-masing sekolah finalis yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa 1 unit camcorder Panasonic. Sedangkan pengumuman 3 pemenang nasional terbaik akan dilaksanakan pada Januari 2016, dimana pemenang pertama karyanya akan diikutsertakan dalam kompetisi KWN tingkat global.

“Saat ini kompetisi KWN telah dipromosikan di 19 negara dan sekitar 5.000 anak-anak dan guru di seluruh dunia mengambil bagian dalam program ini,” jelas Viya.

Dalam proses penjurian akan dinilai beberapa aspek yakni originalitas, efektifitas pesan, relevansi pesan dan tema, konsep, penggunaan bahasa hingga produksi video. Penjurian akan dilakukan oleh Panasonic Gobel Indonesia, Panasonic Manufacturing Indonesia, London School of Public Relations (LSPR) dan juga Uya Kuya. Tahun ini , Panasonic didukung Uya Kuya yang merupakan salah satu insan perfilman guna memberikan penilaian terhadap finalis nantinya, (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)